Tautan-tautan Akses

Badai Tropis Kong-Rey Hantam Taiwan


Warga setempat berjalan melewati banjir akibat hantaman badai tropis Kong-Rey di Tainan, Taiwan, Kamis (29/8).

Warga setempat berjalan melewati banjir akibat hantaman badai tropis Kong-Rey di Tainan, Taiwan, Kamis (29/8).

Badai Tropis Kong-Rey menghantam Taiwan, Kamis (29/8), dengan curah hujan lebih dari 500 milimeter (19 inci) menyebabkan banjir yang luas di pantai barat negara pulau itu.

Badai Kong-Rey mengitari pantai timur Taiwan sebelum bergerak ke utara menuju Jepang. Badai tersebut diperkirakan semakin melemah di atas Pasifik barat tanpa menyebabkan kerusakan lagi.

Kota-kota besar di pantai barat Taiwan paling parah dihantam badai itu, seperti Chiayi, Tainan dan Kaohsiung, di mana banjir di beberapa tempat mencapai lantai dua bangunan. Di Tainan, pejabat-pejabat mengevakuasi 29 orang dari panti jompo dan membatalkan beberapa layanan kereta api. Belum ada laporan tentang korban akibat badai tersebut.

Kong-Rey merupakan badai besar kedua yang menghantam Taiwan bulan ini. Pekan lalu, badai tropis parah mencurahkan hujan sampai satu meter (39 inci) di bagian selatan pulau itu.

Angin kencang menyebabkan sejumlah penerbangan internasional dibatalkan dan hujan menyebabkan terganggunya layanan kereta api cepat antara ibukota Taiwan, Taipei, dan Kaohsiung.
XS
SM
MD
LG