Tautan-tautan Akses

AS

Badai Sandy Landa Pesisir Timur Amerika


Ombak besar yang dipicu oleh badai Sandy menghantam anjungan Jeanette di Nags Head, North Carolina, Sabtu (27/10).

Ombak besar yang dipicu oleh badai Sandy menghantam anjungan Jeanette di Nags Head, North Carolina, Sabtu (27/10).

Berbagai pantauan dan peringatan telah terpasang disepajang pesisir timur Amerika, dimana Badai Sandy diperkirakan akan menerjang Senin malam.

Pesisir timur Amerika bersiap untuk menghadapi salah satu badai terbesar yang akan menerjang daratan Amerika, seperti yang diperkirakan oleh para pemantau cuaca.

Badai Sandy bergerak naik ke pesisir Atlantik, diperkirakan akan bergabung dengan dua sistem badai musim dingin dari utara dan membentuk “badai super” hibrida seluas sekitar 1.200 kilometer dan melanda hingga 60 juta warga.

Berbagai pantauan dan peringatan terpasang disepanjang pesisir timur Amerika. Para pengamat cuaca di Pusat Badai Nasional mengatakan badai Sandy tidak akan melemah dalam pergerakannya yang mungkin akan melanda langsung negara bagian Delaware, Maryland dan pantai Virginia Senin malam.
Kota-kota besar yang bersiap untuk dampak badai ini antara lain Washington, Baltimore, New York, Philadelphia dan Boston.

Badai Sandy berkecepatan angin maksimum hampir 120 kilometer per jam dan diperkirakan akan bertahan sebagai topan besar dan kuat. Angin berkekuatan badai dapat bertiup hingga 165 kilometer dari pusat badai.

Hingga 60 juta warga diperkirakan akan dilanda angin yang merusak, hujan lebat dan banjir, bahkan salju di beberapa wilayah Amerika. Pihak berwenang menghimbau warga agar memastikan mereka memiliki pasokan air minum, makanan kaleng dan batere, dan bersiap untuk kehilangan aliran listrik selama beberapa hari.
XS
SM
MD
LG