Tautan-tautan Akses

AS

Badai Pantai Barat Terkuat Hantam California Utara


Ombak tinggi pecah di belakang pemain golf Todd Linehan dalam pertandingan Pebble Beach Golf Links Pantai Pebble, California (10/12), akibat badai kuat. (Reuters/Michael Fiala)

Badai itu membuat sekolah-sekolah harus ditutup dan mengganggu kehidupan normal di San Francisco, menimbulkan banjir di jalan raya dan memadamkan listrik bagi ratusan ribu orang.

Salah satu badai pantai barat yang terkuat dalam beberapa tahun ini melanda bagian utara California Kamis (11/12), dengan curah hujan 13 sentimeter disertai angin berkecepatan 230 kilometer per jam.

Badai itu membuat sekolah-sekolah harus ditutup dan mengganggu kehidupan normal di San Francisco, menimbulkan banjir di jalan raya dan memadamkan listrik bagi ratusan ribu orang. Beberapa kereta komuter dan stasiun kereta bawah tanah terpaksa ditutup.

Warga di daerah perbukitan telah diperingatkan untuk berhati-hati akan tanah longsor.

Badai itu juga diperkirakan akan menumpahkan salju setinggi satu meter di bagian pegunungan Sierra Nevada sebelum bergerak ke selatan ke Los Angeles dan San Diego.

Walaupun ada hujan deras dan salju, ahli meteorologi mengatakan badai itu diperkirakan tidak berdampak pada kemarau panjang yang sudah berlangsung dua tahun di California.

Katanya, butuh hujan deras selama berbulan-bulan untuk memulihkan pasokan air tanah di sana.

XS
SM
MD
LG