Tautan-tautan Akses

Badai Earl Mendarat di Amerika Tengah


Sebuah SPBU laut ditutup untuk persiapan datangnya Badai Earl di Puerto Barrios, Guatemala Selasa (2/8).

Sebuah SPBU laut ditutup untuk persiapan datangnya Badai Earl di Puerto Barrios, Guatemala Selasa (2/8).

Badai Earl mendarat di dekat Belize City sambil terus bergerak mengarah ke barat di atas kawasan Karibia.

Pusat Badai Nasional di Miami menyatakan badai kategori 1 itu tiba di daratan negara di Amerika Tengah itu dengan membawa angin berkecepatan 130 kilometer per jam. Earl diperkirakan melemah sewaktu bergerak melintasi kawasan tengah atau utara Belize, dan kemudian bagian selatan Meksiko atau utara Guatemala dalam beberapa jam mendatang.

Peringatan badai diberlakukan di kawasan Puerto Coast Maya, Meksiko, ke arah selatan menuju perbatasan Belize-Guatemala, sementara peringatan badai tropis masih diberlakukan di beberapa bagian pantai timur Meksiko.

Pihak berwenang di negara bagian Quintana Roo, Meksiko Tenggara, telah mengungsikan warga karena khawatir akan banjir dan menempatkan mereka di lokasi-lokasi penampungan darurat. Negara bagian itu terletak di jalur utara yang diperkirakan dilalui badai Earl.

Pusat Badai Nasional juga menyatakan beberapa daerah yang terimbas badai diperkirakan akan diguyur hujan dengan curah 40 centimeter serta banjir bandang yang berbahaya, tanah longsor serta gelombang air yang merusak. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG