Tautan-tautan Akses

Badai Earl Dekati Amerika, Puluhan Ribu Diperintahkan Mengungsi


Peringatan dan pemantauan badai berlaku di sepanjang pantai timur Amerika bagian tengah, hingga ke negara bagian Massachusetts di utara.

Puluhan ribu orang telah diperintahkan meninggalkan pulau-pulau penghadang (barrier islands) di North Carolina, sementara Badai Earl bergerak ke pantai timur Amerika.

Para petugas di Pusat Topan Nasional mengatakan badai itu membawa angin berkecepatan 220 kilometer per jam dan mereka memperingatkan bahwa gelombang yang didorong ke pantai oleh angin kencang itu bisa menyebabkan air pasang hingga setinggi 1,5 meter di sepanjang pantai timur Amerika.

Peringatan dan pemantauan badai berlaku di sepanjang pantai timur Amerika bagian tengah, hingga ke negara bagian Massachusetts di utara.

Pusat Badai Nasional di Miami menyatakan badai bergerak menuju arah utara-barat laut dan akan mendekati pesisir North Carolina Kamis petang hingga Jumat pagi. Earl diperkirakan akan bergerak menuju utara dan perlahan-lahan melemah sewaktu mendekati negara bagian Rhode Island dan Massachusetts.

Gubernur North Carolina, Virginia dan Maryland telah menyatakan keadaan darurat.

Para pakar cuaca juga memantau badai tropis Fiona, yang diperkirakan akan melintas dekat Bermuda pada Sabtu dini hari. Pemantauan badai tropis diberlakukan terhadap pulau-pulau Bermuda, sementara badai mendekat dengan disertai angin berkecepatan 85 kilometer per jam.

XS
SM
MD
LG