Tautan-tautan Akses

Badai Tropis Earl Ancam Belize


Badai tropis Earl diperkirakan akan menguat sebelum melanda Belize (foto: ilustrasi).

Badai tropis Earl diperkirakan akan menguat sebelum melanda Belize (foto: ilustrasi).

Badai tropis Earl diperkirakan akan menguat sebelum melanda Belize, demikian perkiraan sejumlah pengamat cuaca hari Rabu (3/8).

Badan Urusan Cuaca Amerika di Miami mengatakan badai Earl bisa menimbulkan hujan lebat, banjir dan angin kencang di Meksiko, Belize dan Honduras, dan Rabu siang tampaknya juga akan menghantam Pulau Roatan di Honduras yang merupakan tujuan wisata yang populer.

Di Belize, pemerintah telah membuka sejumlah tempat penampungan dan menggunakan siaran radio dan televisi untuk mengingatkan warga yang tinggal di dataran rendah untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi. Namun hingga Rabu pagi tempat-tempat penampungan ini masih kosong.

Kantor berita Associated Press mengutip pernyataan kepala badan urusan cuaca Belize – Dennis Gonguez – bahwa badai akan mulai menimpa kawasan itu sekitar jam enam sore waktu setempat dan dikategorikan sebagai badai kategori satu.

Antrian panjang tampak di sejumlah pom bensin di seluruh Belize ketika warga mengisi tangki-tangki mobil mereka menjelang kedatangan badai Earl. Toko-toko sembako juga dipadati orang yang membeli makanan dan air minum.

Belize, Meksiko dan Honduras telah mengeluarkan peringatan badai tropis bagi sejumlah daerah, sementara peringatan topan dikeluarkan di sebagian Meksiko.

Rabu pagi badai Earl masih berada sekitar 195 kilometer sebelah timur pulau Roatan dengan kecepatan angin mencapai 100 km per jam. [em/ii]

XS
SM
MD
LG