Tautan-tautan Akses

AS

Badai di AS Tewaskan 10 Orang, Padamkan Listrik Jutaan Rumah


Beberapa pohon di sekitar gedung Kongres AS tumbang akibat hantaman badai kencang hari Jumat malam (29/6).

Beberapa pohon di sekitar gedung Kongres AS tumbang akibat hantaman badai kencang hari Jumat malam (29/6).

Sebuah gelombang badai keras menerpa ibukota Amerika dan menyebabkan 1,5 juta rumah dan bisnis tidak memperoleh layanan listrik.

Paling sedikit 10 orang tewas dan lebih dari tiga juta orang tanpa layanan aliran listrik setelah badai keras menerpa Amerika timur Jumat.

Badai ini terjadi di kawasan yang sedang mengalami gelombang panas dengan suhu mencapai rekor. Badai menumbangkan pohon beserta akar-akarnya, menjatuhkan tiang-tiang listrik dan tiga gubernur negara bagian, Ohio, Virginia dan West Virginia menyatakan keadaan darurat.

Enam orang tewas di Virginia, dua di New Jersey, satu di Maryland dan satu di Ohio, kebanyakan akibat tertimpa pohon tumbang.

Listrik padam terjadi di seluruh kawasan, dan pejabat mengatakan butuh waktu berhari-hari sebelum layanan listrik pulih kembali.

Banyak pemadaman terpusat di ibukota Amerika dan daerah sekelilingnya, di mana cabang-cabang pohon yang patah memenuhi jalan-jalan dan beberapa rumah terkena pembatasan penggunaan air.

Suhu di Washington mencapai 40 derajat selsius Jumat dan peramal memperkirakan suhu tinggi pada Sabtu dan kemungkinan badai lebih parah.

Badai Jumat menghantam sebagian besar utara tengah Amerika pada siang hari dan dini malam hari, menyebabkan banyak truk-truk besar terguling di jalan-jalan raya dan tiang-tiang listrik jatuh.
XS
SM
MD
LG