Tautan-tautan Akses

Badai Conson Landa Tiongkok Selatan


Xinhua melaporkan Conson menyebabkan 10 kapal nelayan terbalik di Laut Cina Selatan dekat Kepulauan Paracel sebelum mencapai Hainan.

Badai Conson mencapai daratan Propinsi Hainan, Tiongkok selatan, dengan angin kencang dan hujan lebat, beberapa hari setelah menimbulkan kematian dan kehancuran di Filipina.

Para pejabat mengatakan badai itu melanda kota Sanya Jumat malam, dengan angin berkekuatan lebih dari 120 kilometer per jam. Kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua, melaporkan Conson menyebabkan 10 kapal nelayan terbalik di Laut Cina Selatan dekat Kepulauan Paracel sebelum mencapai Hainan.

Para pejabat memperingatkan hujan deras dari badai itu akan memperburuk penderitaan beberapa propinsi Tiongkok yang baru saja dilanda banjir yang menewaskan 135 orang dan menghancurkan lebih dari 100 ribu rumah.

Badai itu diperkirakan bergerak ke Teluk Tonkin dan menghantam Vietnam Sabtu malam.

Awal pekan ini, badai Conson melanda Filipina, menyebabkan 38 orang tewas dan 47 orang masih belum ditemukan. Aliran listrik telah pulih di sebagian besar ibukota Manila dan kegiatan Bandara di kota itu kembali normal.

XS
SM
MD
LG