Tautan-tautan Akses

AS

Badai Besar Akibat El Niño Landa California


Seorang pengemudi mobil memanjat keluar dari mobilnya yang terjebak banjir di Van Nuys, California, 5 Januari 2016.

Seorang pengemudi mobil memanjat keluar dari mobilnya yang terjebak banjir di Van Nuys, California, 5 Januari 2016.

Badai kuat akibat pengaruh el Niño menghantam pesisir California dan menumpahkan hujan lebat di negara bagian yang dilanda kekeringan parah itu.

Dinas Cuaca Nasional mengatakan, badai Rabu dan Kamis diperkirakan menumpahkan hujan dengan curah setinggi tujuh sentimeter. Perjalanan di jalan raya utama negara bagian itu akan terhambat karena hujan dan salju lebat di pegunungan.

Para pejabat juga memperingatkan daerah-daerah di lereng bukit yang terbakar baru-baru ini, beresiko tinggi dilanda tanah longsor

Badai diramalkan berlanjut sepanjang pekan dengan hujan lebat di California utara dan salju turun setebal lebih dari 60 sentimeter di pegunungan Sierra Nevada.

Badan Antariksa AS, NASA, bulan lalu mengatakan, gambar satelit menunjukkan bahwa tahun ini El Niño bisa sehebat tahun 1997-1998, yang menyebabkan badai es dasyat dan banjir di seluruh negeri.

Gejala El Niño terjadi setiap beberapa tahun, ketika perairan tropis di lepas pantai Pasifik Amerika Selatan berubah dan lebih hangat dari biasanya. Udara hangat naik dari perairan itu dan mengubah jalur arus angin yang berhembus mengelilingi planet ini. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG