Tautan-tautan Akses

Azerbaijan Minta Bantuan AS dalam Sengketa dengan Armenia


Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengatakan kepada Menlu Clinton, konflik antarkedua negara menjadi ancama bagi keamanan regional.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pada hari Minggu meminta Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton untuk membantu menyelesaikan sengketa Nagorno-Karabakh dengan Armenia.

Aliyev mengatakan konflik itu adalah ancaman besar bagi keamanan regional. Sebelum bertemu secara pribadi dengan Aliyev di Baku, Clinton mengatakan masalah itu juga terkait d enganmerika. Tapi ia tidak merinci apa yang ia maksud.

Kawasan Nagorno-Karabakh yang memisahkan diri, selama ini di bawah kendali Armenia sejak gencatan senjata di tahun 1990-an.

Pada hari Sabtu, Polandia dan Amerika menandatangani perjanjian untuk mendirikan komando anti-misil untuk melindungi negara-negara NATO. Termasuk dalam kesepakatan tersebut adalah diletakannya sistem pencegat pertahanan militer Amerika di wilayah Polandia.

Rusia keberatan dengan rencana itu. Dalam pernyataannya, Clinton menekankan bahwa ini benar-benar adalah sebuah sistem pertahanan dan bukannya diarahkan ke Rusia.

XS
SM
MD
LG