Tautan-tautan Akses

Awak Stasiun Antariksa Perbaiki Kebocoran Amonia


Awak Stasiun Antariksa Internasional (ISS) bersiap melakukan space walk untuk memperbaiki kebocoran amonia (foto: dok).

Awak Stasiun Antariksa Internasional (ISS) bersiap melakukan space walk untuk memperbaiki kebocoran amonia (foto: dok).

Komandan stasiun antariksa menggambarkan kebocoran hari Jumat (10/5) itu sebagai 'situasi serius,' tapi telah distabilkan oleh keenam awak stasiun itu.

Awak Stasiun Antariksa Internasional sedang bersiap-siap untuk melakukan space walk atau keluar dari stasiun itu dengan berjalan karena keadaan darurat hari Sabtu untuk memperbaiki kebocoran pendingin amonia dari laboratorium yang mengorbit itu.

Komandan stasiun antariksa, seorang warga Kanada bernama Chris Hadfield, menggambarkan kebocoran hari Jumat itu sebagai "situasi serius," tapi telah distabilkan oleh keenam awak stasiun itu. Dia mengatakan lewat akun Twitternya bahwa dua astronot Amerika, Chris Cassidy dan Tom Marshburn, telah menyiapkan pakaian antariksa mereka untuk ke luar dari pesawat antariksa untuk mencari sumber kebocoran dan mereparasinya.

Badan antariksa Amerika, NASA mengatakan keenam awak tidak dalam keadaan bahaya dan bahwa stasiun itu terus beroperasi secara normal.

Keenam awak stasiun antariksa melaporkan kebocoran itu hari Kamis, sementara Hadfield menjelaskan masalah itu kepada pusat pengendalian pesawat antariksa itu di pusat komando NASA di Houston, Texas.

NASA mengatakan tingkat amonia yang bocor telah meningkat sejak pertama kali dilaporkan, tetapi menambahkan bahwa stasiun itu tetap berfungsi secara normal.

Amonia digunakan untuk mendinginkan sistem pembangkit listrik di stasiun itu yang menyediakan listrik bagi stasiun itu. NASA mengatakan mereka berupaya mengalihkan generator lain untuk mempertahankan operasi penuh penal surya. NASA mengatakan panel yang bocor bisa ditutup.

Stasiun ini pernah mengalami kebocoran serupa tahun lalu, tetapi masih belum jelas apakah kebocoran ini berasal dari sumber yang sama.
XS
SM
MD
LG