Tautan-tautan Akses

Awak Kabin Lufthansa Mogok, Ratusan Penerbangan Dibatalkan


Maskapai Lufthansa terpaksa membatalkan ratusan penerbangan akibat pemogokan para pramugari dan awak kabin yang menuntut kenaikan gaji 5 persen (4/9).

Maskapai Lufthansa terpaksa membatalkan ratusan penerbangan akibat pemogokan para pramugari dan awak kabin yang menuntut kenaikan gaji 5 persen (4/9).

Aksi mogok menuntut kenaikan gaji awak kabin Lufthansa, maskapai penerbangan terbesar Jerman, menyebabkan pembatalan ratusan penerbangan hari Selasa.

Aksi tersebut membuat meja-meja pelayanan kosong serta menyebabkan antrean panjang penumpang yang frustrasi di tiga bandara negara itu.

Serikat pekerja yang mewakili para awak kabin Lufthansa, UFO, mengadakan pemogokan itu Selasa pagi di Bandara Tegel Berlin, Munich dan Frankfurt, bandara-bandara tersibuk di Jerman.

Aksi tersebut diserukan oleh serikat pekerja, terkait dengan masalah gaji dan kondisi kerja. UFO menginginkan 5 persen kenaikan gaji bagi lebih dari 18 ribu awak kabin maskapai tersebut.

Lufthansa menyatakan menawarkan kenaikan 3,5 persen dan meminta sedikit penambahan jam kerja.

Serikat pekerja berkeberatan dengan apa yang disebutnya sebagai kenaikan bertahap saja dan gaji lebih rendah bagi para pegawai baru.

Serikat pekerja memulai aksinya dengan mogok kerja selama delapan jam di Frankfurt Jumat lalu dan memperingatkan aksi serupa akan terjadi lagi jika Lufthansa tidak memenuhi tuntutan mereka.

Lufthansa menyatakan aksi tersebut menyebabkan pihaknya terpaksa membatalkan sebagian besar penerbangan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG