Tautan-tautan Akses

Awak Endeavour Lakukan Kegiatan Terakhir di Luar Stasiun Antariksa


Komandan Endeavour Mark Kelly disambut oleh awak ISS saat tiba di stasiun antariksa (18/5).

Komandan Endeavour Mark Kelly disambut oleh awak ISS saat tiba di stasiun antariksa (18/5).

Astronot Mike Fincke dan Greg Chamitoff mengapung ketika keluar dari ISS Jumat pagi untuk memasang tiang pada stasiun antariksa.

Dua orang anggota awak pesawat antariksa Amerika Endeavour telah memulai kegiatan di luar stasiun antariksa untuk ke-4 kalinya atau terakhir dalam misi terakhir Endeavour ke Stasiun Antariksa Internasional.

Spesialis misi Mike Fincke dan Greg Chamitoff mengapung ketika mereka keluar dari ISS atau Stasiun Antariksa Jumat pagi untuk melakukan kegiatan yang dijadwalkan berlangsung enam setengah jam. Fincke dan Chamitoff akan mengambil perpanjangan tiang dari pesawat Endeavour dan memasangnya pada stasiun antariksa.

Kegiatan di luar stasiun ini juga kegiatan terakhir di angkasa terbuka dalam 30 tahun sejarah penerbangan pesawat ulang-alik antariksa Amerika.

Endeavour akan dipensiunkan setelah kembali ke bumi tanggal 1 Juni. Pesawat antariksa Atlantis akan mengakhiri program penerbangan ulang-alik antariksa dengan penerbangan terakhir ke stasiun antariksa atau ISS bulan Juli.

Sementara itu, beberapa pejabat di badan antariksa Amerika NASA mengatakan mereka memutuskan untuk menghentikan mengadakan kontak dengan sebuah kendaraan penjelajah (rover) di planet Mars bernama 'Spirit' yang telah tidak mengadakan komunikasi selama lebih setahun.

Pejabat-pejabat NASA mengatakan mereka melakukan upaya terakhir mereka mengadakan kontak dengan rover Spirit hari Rabu. Mereka mengatakan bahwa kecil kemungkinan kendaraan yang lumpuh itu dapat terus beroperasi setelah melalui musim dingin yang brutal di planet Mars. Meski demikian, NASA mengatakan bahwa jasa Spirit tidak akan dilupakan.

Wahana penjelajah Spirit semula hanya dirancang untuk menjalankan misi selama tiga bulan ketika mendarat di Mars enam tahun yang lalu pada tanggal 3 Januari 2004. Namun Spirit yang digerakkan dengan tenaga surya jauh melampaui umur yang diperkirakan dan telah menjelajah permukaan Mars sepanjang hampir 8 kilometer.


XS
SM
MD
LG