Tautan-tautan Akses

Avastin Dianjurkan Tak Digunakan untuk Obati Kanker Payudara


Seorang wanita tengah menjalani inspeksi apakah mengidap kanker payudara.

Seorang wanita tengah menjalani inspeksi apakah mengidap kanker payudara.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan, sejumlah uji menunjukkan keampuhan Avastin tak sesuai dengan yang dijanjikan.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika atau FDA merekomendasikan bahwa obat kanker paling laris di dunia, Avastin, tidak lagi digunakan untuk mengobati kanker payudara.

FDA mengatakan Kamis bahwa sejumlah uji menunjukkan keampuhan Avastin tidak sesuai dengan yang dijanjikan perusahaan pembuatnya bahwa obat itu dapat memperpanjang hidup penderita kanker payudara jika digunakan dengan kemoterapi.

FDA mengatakan obat itu juga dapat menimbulkan efek samping berbahaya.

Kepala Urusan Obat Kanker FDA Dr. Richard Pazdur mengatakan, sewaktu mempertimbanglan efek samping yang mengancam nyawa, FDA tidak yakin Avastin memiliki rasio resiko atas manfaat yang mendukung .

Pembuat Avastin, perusahaan farmasi yang berkantor pusat di Swiss, Roche, akan merugi ratusan juta dolar jika obat itu tidak mendapat persetujuan FDA.

Roche mengatakan perusahaan itu berencana meminta diadakan sidang dengar keterangan publik.

Avastin juga digunakan untuk mengobati penyakit kanker lain, dan sejumlah dokter dan pasien mengatakan obat itu manjur.

Sementara, badan pengawas obat Eropa mengatakan Avastin akan tetap tersedia dan diijinkan di Eropa untuk mengobati kanker payudara.

XS
SM
MD
LG