Tautan-tautan Akses

Austria Tawarkan Gelar Profesor pada Guru untuk Akhiri Sengketa


Guru-guru muda di Vienna, Austria, berdemonstrasi untuk kondisi pekerjaan yang lebih baik dan pembayaran yang lebih adil. (Foto: Dok)

Guru-guru muda di Vienna, Austria, berdemonstrasi untuk kondisi pekerjaan yang lebih baik dan pembayaran yang lebih adil. (Foto: Dok)

Saat ini hanya guru-guru di sekolah menengah elit yang diperbolehkan memakai gelar kehormatan profesor di Austria, tempat gelar merupakan simbol status besar.

Di Austria, tempat gelar dalam nama seseorang merupakan simbol status yang besar, pemerintah menawarkan semua guru sekolah mendapat gelar “profesor” untuk membantu menyelesaikan sengketa tenaga kerja yang telah berjalan 12 tahun.

Para guru sekolah, yang menolak semua reformasi kondisi kerja, telah diminta untuk bekerja lebih lama di bawah kondisi yang lebih fleksibel, dengan serangkaian imbalan termasuk gelar profesor.

Sampai sekarang, hanya guru-guru di sekolah menengah elit yang diperbolehkan memakai gelar kehormatan profesor di Austria, tempat gelar aristokrat dilarang sejak 1919 menyusul kejatuhan kerajaan Austro-Hungaria.

Namun masih gila gelar dan hierarki dengan menulis “Prof. (profesor)”, “Dip. Ing.” (lulusan insinyur) atau “Mag.” (pemilik gelar S2) di nama mereka. Formulir-formulir daring juga memberikan pilihan gelar yang bisa mencapai puluhan.

Reformasi kondisi bekerja guru-guru Austria pertama kali dicoba pada 2001, dan pembicaraan dimulai pada 2011. Setelah 33 putaran negosiasi, pemerintah minggu ini mengajukan proposal untuk evaluasi independen.

Rancangan undang-undang itu menawarkan perpanjangan jam mengajar menjadi 24 jam per minggu, dari 20-22 saat ini, dan kenaikan gaji awal menjadi 2.420 euro (US$3.200) per bulan dari 2.025 sampai 2.293 euro saat ini serta gelar profesor.

Namun negosiator serikat guru Paul Kimberger menolak langkah pemerintah itu dengan mengatakan pemerintah terlalu lambat dalam melibatkan semua pihak yang relevan dalam negosiasi-negosiasi tersebut. (Reuters)
XS
SM
MD
LG