Tautan-tautan Akses

Australia Percepat Jadwal Penarikan Pasukan dari Afghanistan


Perdana Menteri Australia Julia Gillard (Foto: dok).

Perdana Menteri Australia Julia Gillard (Foto: dok).

Perdana Menteri Australia Julia Gillard mengatakan negaranya akan menarik pasukan dari Afghanistan pertengahan tahun 2013, setahun lebih cepat daripada rencana sebelumnya, Selasa (17/2).

Gillard mengumumkan penarikan yang dipercepat itu hari Selasa dalam pidato di Canberra. Perdana menteri itu mengatakan dia akan mengusahakan dukungan yang besar dan luas bagi keputusan tersebut dalam pertemuan puncak NATO di Chicago bulan depan. Dia mengatakan rakyat negara-negara demokrasi dunia sudah merasa jemu dengan perang ini.

Kira-kira 1.550 tentara Australia ditempatkan di Uruzgan. Gillard mengatakan Australia akan terus memberikan pelatihan khusus kepada Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan setelah tahun 2014. Penarikan itu diperkirakan akan memakan waktu sekitar 12 hingga 18 bulan.

Penarikan itu akan berakhir tidak lama sebelum kemungkinan waktu pemilihan umum berikut Australia. Kira-kira 32 orang tentara Australia telah tewas dalam usaha yang dipimpin Amerika ini yang menggulingkan Taliban setelah serangan teroris tahun 2001 di Amerika Serikat.
XS
SM
MD
LG