Tautan-tautan Akses

Australia Tolak Kedutaan Korut di Canberra


Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr (Foto: dok). Australia telah menghambat rencana Korea Utara untuk membuka kembali Kedutaannya di Canberra (7/3).

Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr (Foto: dok). Australia telah menghambat rencana Korea Utara untuk membuka kembali Kedutaannya di Canberra (7/3).

Australia telah menghambat rencana Korea Utara untuk membuka kembali kedutaannya di ibukota Australia karena percobaan senjata nuklir Pyongyang.

Jurubicara Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr, Patrick Low, mengatakan hari Kamis (7/3) bahwa pemerintah telah memberitahu Pyongyang bahwa rencana tersebut ditangguhkan sementara Dewan Keamanan PBB mempertimbangkan tanggapannya atas percobaan nuklir yang ketiga Korea Utara tanggal 12 Februari.

“Kami telah memberitahu Korea Utara bahwa mengingat pertimbangan PBB, usul mereka untuk membuka kedutaan di Australia dihentikan sampai pemberitahuan lebih lanjut,” demikian kata Low.

Korea Utara pertama kalinya membuka kedutaan di Canberra tahun 2002, tetapi menutupnya karena alasan keuangan enam tahun kemudian.

Pyongyang mendekati pemerintah Australia bulan Desember dengan rencana untuk mengirim dutabesar. Rombongan diplomat tadinya akan terbang bulan lalu ke Canberra untuk mencari lokasi kedutaan, tetapi Australia membatalkan kunjungan itu setelah percobaan nuklir tersebut.

Australia membuka kedutaan di Pyongyang tahun 1975 tetapi ditutup beberapa bulan kemudian setelah Korea Utara mengusir diplomat Australia karena alasan yang tidak pernah dijelaskan sepenuhnya.

Sejak itu, Kedutaan Australia di Seoul telah mengemban tanggung jawab konsuler bagi Korea Utara.
XS
SM
MD
LG