Tautan-tautan Akses

Australia Sumbang Dana Lagi untuk Atasi Penggundulan Hutan Indonesia


Seorang pria berjalan melewati hutan yang sedang dibakar untuk bercocok tanam di Minas, Riau (foto: dok).

Seorang pria berjalan melewati hutan yang sedang dibakar untuk bercocok tanam di Minas, Riau (foto: dok).

Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd mengumumkan pada hari Kamis dalam kunjungannya di Bali, tambahan sumbangan 44 juta dolar untuk mengurangi emisi karbon.

Australia meningkatkan sumbangan keuangan untuk membantu Indonesia mengurangi emisi karbon penyebab kenaikan suhu global akibat penggundulan hutan.

Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd mengumumkan tambahan sumbangan sebesar 44 juta dolar pada hari Kamis dalam kunjungannya ke Bali. Jumlah sumbangan Australia untuk usaha mengatasi penggundulan hutan Indonesia sekarang hampir mencapai 100 juta dolar.

Rudd mengatakan emisi akibat penggundulan hutan dan perusakan hutan merupakan 18 persen emisi karbon penyebab kenaikan suhu global dan sebesar 60 persen emisi Indonesia. Ia mengatakan pengurangan emisi tersebut sangat penting untuk mencapai sasaran global dalam perubahan iklim

Dua pertiga dana baru itu akan digunakan dalam proyek percontohan di Kalimantan dan untuk mengembangkan sistem penghitungan karbon nasional. Selebihnya akan digunakan untuk mencari cara penyesuaian dengan perubahan iklim.

Indonesia dianggap sumber ketiga terbesar karbon penyebab kenaikan suhu global.

XS
SM
MD
LG