Tautan-tautan Akses

Australia, Jepang Setuju Gulirkan Kembali Perundingan Perdagangan


Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd juga menawarkan negaranya sebagai pemasok mineral langka bagi Jepang.

Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd juga menawarkan negaranya sebagai pemasok mineral langka bagi Jepang.

Para pejabat Jepang mengunjungi Canberra, dan sepakat dengan Kementerian Perdagangan Australia untuk melanjutkan perundingan perdagangan pada bulan Januari.

Australia dan Jepang telah sepakat untuk memulai kembali pembicaraan perdagangan dengan perundingan-perundingan baru pada awal tahun depan.

Setelah bertemu dengan para pejabat Jepang di Canberra pada hari Selasa, Menteri Perdagangan Australia Craig Emerson mengatakan perundingan dagang lanjutan akan dilakukan pada bulan Januari.

Jepang dan Australia telah melakukan 11 babak perundingan sejak 2007, tapi berbagai isu pertanian telah membuat pembicaraan terhenti.

Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd juga menawarkan negaranya sebagai pemasok mineral langka untuk jangka panjang ke Jepang. Sumber daya alam tersebut digunakan untuk membuat berbagai produk teknologi tinggi, termasuk komponen komputer, ponsel dan mobil hibrida.

Tiongkok saat ini menghasilkan lebih dari 95 persen pasokan dunia untuk mineral bumi yang langka tersebut. Tokyo telah menuduh Beijing menahan ekspornya ke Jepang karena sengketa teritori.

XS
SM
MD
LG