Tautan-tautan Akses

Australia, Iran, Irak Lolos ke Babak Final Kualifikasi Asia untuk PD 2014


Timnas Iran saat berhadapan dengan timnas Qatar (foto: dok). Timnas Iran lolos babak final kualifikasi Asia untuk PD 2014.

Timnas Iran saat berhadapan dengan timnas Qatar (foto: dok). Timnas Iran lolos babak final kualifikasi Asia untuk PD 2014.

Timnas Australia, Iran dan Irak lolos ke babak final kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 2014 setelah semuanya memenangkan pertandingan hari Selasa.

Timnas Australia mengalahkan Thailand 1-0 untuk memastikan posisinya di puncak klasemen Grup D dan menjadi salah satu dari 10 negara yang maju ke babak keempat kualifikasi. Iran mengalahkan Indonesia 4-1 dan maju ke babak final setelah timnas Qatar ditahan imbang 0-0 di kandangnya melawan Bahrain, dan Irak menang 3-1 dari Yordania untuk melaju ke babak berikutnya dan menyingkirkan timnas Tiongkok walaupun mereka menang 4-0 dari Singapura.

10 tim akan dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari lima tim, dua tim teratas dari setiap grup akan lolos kualifikasi untuk Piala Dunia. Dua tim yang ada di posisi ketiga kemudian akan bertanding untuk merebut tempat di babak playoff antarbenua yang memperebutkan tempat di Piala Dunia 2014 di Brasil.

Timnas Uzbekistan, dipastikan mencapai putaran berikutnya, setelah mencetak dua gol pada babak kedua dan mengalahkan tim Tajikistan 3-0. Kuwait tertinggal 0-1 dan bangkit mengalahkan Uni Emirat Arab 2-1 dan mempertahankan peluang untuk maju ke babak berikutnya.

Timnas Libanon mengalahkan Korea Selatan 2-1 untuk menguatkan posisinya untuk maju, sementara Korea Utara mengalahkan Jepang 1-0 dalam pertandingan yang tidak menentukan untuk kualifikasi ke putaran berikutnya.

Di Beirut, Ali Al-Saadi dengan mengejutkan membantu Lebanon memimpin 1-0 di menit kelima tapi kemudian Lebanon kebobolan penalti, yang dicetak pemain Korea Selatan Koo Ja-cheol berusia 20 tahun. Abbas Atwi membuat Lebanon unggul dari titik penalti pada babak kedua.

Pemimpin Grup B Korea Selatan memiliki 10 poin, sama dengan Lebanon, yang terus mengekor dengan selisih gol setelah lima pertandingan. Tempat ketiga dipegang Kuwait dengan delapan poin, sedangkan UEA tidak punya poin.

XS
SM
MD
LG