Tautan-tautan Akses

Australia Hadapi Masalah Sampah di Laut


Suasana musim gugur di Pantai Manly di Sydney.

Suasana musim gugur di Pantai Manly di Sydney.

Studi menunjukkan bahwa sampah yang paling umum ditemukan di lautan adalah plastik akibat pembuangan sampah sembarangan dan ilegal.

Survei terbesar di dunia mengenai sampah di lautan menemukan bahwa pembuangan sampah ilegal adalah sumber utama sampah di pantai-pantai Australia.

Para peneliti menyisir garis pantai Australia yang besar pada interval sekitar 100 kilometer, dan telah mengumpulkan data terbesar mengenai sampah di lautan.

Survei tersebut dilakukan oleh Organisasi Riset Ilmiah dan Industri Persemakmuran di Australia (CSIRO), dan melibatkan kelompok-kelompok konservasi serta raksasa perminyakan Shell.

Mahasiswa, guru, ilmuwan serta pegawai Shell ikut serta menyisir pantai-pantai di seluruh negeri sebagai bagian dari proyek selama tiga tahun tersebut.

Hasil penelitian mereka menolak anggapan bahwa benda-benda yang mengotori pesisir Australia adalah sampah dari negara-negara lain yang terseret arus.

Laporan itu menyatakan bahwa pembuangan sampah secara sembarangan dan ilegal adalah penyebab utama adanya sampah di pantai-pantai Australia, dan salah satu peneliti Dr. Chris Wilcox mengatakan masalahnya lebih buruk dekat daerah-daerah metropolitan.

Tidak hanya dari orang-orang yang tinggal di pantai, ujarnya, tapi juga dibawa arus melalui saluran air dan sungai menuju pantai. Semakin dekat ke kota, pantai akan semakin kotor dan dipenuhi sampah, tambahnya.

Laporan tersebut mengatakan sampah laut tidak hanya membahayakan navigasi kapal tapi juga merusak terumbu karang dan mengganggu sektor pariwisata, serta menewaskan dan melukai kehidupan liar.

Survei itu menemukan bahwa 75 persen sampah di sepanjang pantai Australia adalah plastik.

Para peneliti mengatakan bahwa sampah berdampak parah pada burung-burung laut. Penyu-penyu kecil juga memakan sampah, barangkali karena plastik lembut dan jernih itu tampak seperti makanan alaminya, yaitu ubur-ubur.

Australia adalah benua berpenduduk yang terkering di dunia dan memiliki sekitar 50.000 kilometer garis pantai.

XS
SM
MD
LG