Tautan-tautan Akses

Australia Diam-diam Proses Klaim Pencari Suaka di Laut


Kapal pencari suaka Vietnam di dekat perairan Australia (Foto: dok).

Kapal pencari suaka Vietnam di dekat perairan Australia (Foto: dok).

Australia telah menolak sedikitnya 18 kapal pencari suaka sejak September 2013, sejak Perdana Menteri Tony Abbott memegang jabatan.

Militer Australia tahan 46 pencari suaka Vietnam di laut selama hampir satu bulan dan menolak klaim pengungsi mereka setelah diadakan wawancara singkat, kata pejabat Australia hari Selasa (26/5).

Mayor Jenderal Andrew Bottrell, yang mengawasi operasi keamanan perbatasan Australia, mengatakan kepada anggota parlemen, bahwa sebuah kapal Australia mencegat para pencari suaka pada tanggal 20 Maret.

Menyusul wawancara yang berlangsung sekitar 40 menit, pria, wanita dan anak-anak itu dianggap tidak memenuhi syarat di bawah undang-undang perlindungan pengungsi, konvensi PBB, tegas Bottrell.

Menurutnya, para pencari suaka itu kemudian dikirim kembali ke Vietnam di atas kapal angkatan laut Australia, setelah para pejabat Vietnam menjamin mereka tidak akan dihukum pada saat kedatangan.

Bottrell mengungkapkan, Australia telah menolak setidaknya 18 kapal pencari suaka sejak September 2013, ketika PM Tony Abbott memegang jabatan. Pemerintah konservatif Abbott telah dikecam kelompok-kelompok HAM karena mengusir perahu-perahu migran itu. Dia menandaskan, kebijakan itu adalah cara paling efektif untuk mencegah berlanjutnya operasi penyelundupan manusia .

XS
SM
MD
LG