Tautan-tautan Akses

Australia Beri Malaysia Kapal untuk Tangani Penyelundupan Manusia


Menteri Imigrasi Australia Scott Morrison dalam sebuah jumpa pers di Sydney pada September 2013. (AFP/William West)

Menteri Imigrasi Australia Scott Morrison dalam sebuah jumpa pers di Sydney pada September 2013. (AFP/William West)

Kapal-kapal itu akan diberikan pada pertengahan 2015, yang disebut Menteri Imigrasi Australia "strategi operasional praktis untuk menghentikan perdagangan kriminal ini."

Pemerintah Australia mengatakan, Kamis (6/2) akan memberikan Malaysia dua kapal desain khusus sebagai hadiah, yang merupakan bagian dari strategi untuk mengatasi penyelundupan manusia di wilayah Asia Pasifik.

Sebagian besar kapal pencari suaka bertujuan Australia transit di Indonesia, namun Malaysia terkadang juga digunakan sebagai tempat untuk mengangkut orang-orang lewat perbatasan Thailand-Malaysia ke Sumatra menyeberangi Selat Malaka.

Kapal-kapal Bay Class itu akan diberikan pada pertengahan 2015, yang disebut Menteri Imigrasi Australia Scott Morrison "strategi operasional praktis untuk menghentikan perdagangan kriminal ini."

Hadiah ini menyusul pemberian dua kapal patroli kepada pemerintah Sri Lanka untuk alasan serupa pada akhir 2013. Puluhan kapal tujuan Australia juga berangkat dari Sri Lanka untuk perjalanan yang dapat menghabiskan waktu sampai tiga minggu.

Morrison mengatakan tahun lalu bahwa bagian kritis dari kebijakan pemerintah adalah untuk menghalangi pencari suaka melintasi perbatasan Thai-Malay dan mencegah perjalanan mereka ke Indonesia. (AFP)
XS
SM
MD
LG