Tautan-tautan Akses

Bergeser ke Utara, Australia Koreksi Koordinat Wilayah


Peta Australia, Papua Nugini dan Pulau Nauru.

Peta Australia, Papua Nugini dan Pulau Nauru.

Koordinat-koordinat Australia saat ini bergeser lebih dari 1 meter dan perbedaan tersebut dapat menyebabkan kepusingan besar untuk teknologi-teknologi baru yang memerlukan data presisi tinggi.

Australia akan menyesuaikan kembali garis bujur dan lintangnya, menurut sebuah lembaga ilmu pengetahuan pemerintah, untuk menyelaraskan negara benua tersebut dengan sistem-sistem navigasi satelit global.

Koordinat-koordinat negara tersebut saat ini bergeser lebih dari satu meter, menurut Geoscience Australia, dan perbedaan tersebut dapat menyebabkan kepusingan besar untuk kemungkinan teknologi-teknologi baru seperti mobil tanpa pengemudi yang membutuhkan data lokasi dengan presisi tinggi.

"Kita harus menyesuaikan garis-garis bujur dan lintang... agar sistem-sistem navigasi satelit yang kita semua gunakan di ponsel sekarang ini selaras dengan semua informasi peta digital," ujar Dan Jaksa dari Geoscience kepada Australian Broadcasting Corporation pekan lalu.

Australia sekarang ini bergeser ke utara sekitar 7 sentimeter setiap tahun karena pergerakan tektonik yang normal dan Jaksa mengatakan perubahan diperlukan "untuk menyesuaikan dengan hal itu."

Ia mengatakan peta di ponsel-ponsel sudah akurat sampai 5-10 meter, namun celah yang ada harus dipersempit dalam tahun-tahun mendatang, terutama karena kendaraan-kendaraan yang dikendalikan pada jarak jauh semakin banyak digunakan dalam pertanian dan pertambangan.

"Dan tak lama lagi, kemungkinan kita akan memiliki kendaraan tak berpengemudi atau setidaknya kendaraan otonom di mana jarak 1,5 meter berarti Anda ada di tengah jalan atau di jalur lain," ujarnya.

"Jadi informasi harus seakurat mungkin."

Sistem koordinat lokal Australia, Geocentric Datum of Australia, terakhir kali diperbarui tahun 1994 dan pihak berwenang meyakini bahwa sistem ini akan bergeser 1,8 meter pada 2020 kecuali dikoreksi.

Data baru mengenai koordinat-koordinat negara ini diperkirakan akan tersedia mulai 1 Januari 2017. [hd]

XS
SM
MD
LG