Tautan-tautan Akses

Australia Ajukan Jepang ke Mahkamah Internasional


PM Australia Kevin Rudd telah memperingatkan Jepang agar menghentikan pemburuan ikan paus.

PM Australia Kevin Rudd telah memperingatkan Jepang agar menghentikan pemburuan ikan paus.

Tindakan ini dilakukan Australia, karena saluran diplomatik gagal menghentikan kegiatan pemburuan ikan paus oleh Jepang.

Australia mengatakan pihaknya akan mengajukan Jepang ke Mahkamah Internasional karena kegiatan penangkapan ikan paus oleh Jepang. Tokyo mengatakan penangkapan ikan paus itu adalah untuk tujuan ilmiah.

Menteri Luar Negeri Australia, Menteri Lingkungan, dan Jaksa Agung mengumumkan hari Jumat mereka akan menyerahkan surat-suratnya kepada mahkamah Mahkamah Internasional pekan depan. Perdana Menteri Australia Kevin Rudd memperingatkan sebelumnya tahun ini bahwa ia sedang mempertimbangkan tindakan itu kalau saluran diplomatik gagal menghentikan kegiatan pemburuan ikan paus oleh Jepang.

Komisi Ikan Paus Internasional, IWC, menangguhkan penangkapan ikan paus komersial tahun 1986. Jepang mengatakan pemburuan tahunan ikan pausnya adalah untuk tujuan ilmiah, tetapi sebagian dagingnya dijual di toko-toko dan restoran.

Sebelumnya tahun ini, Australia mengusulkan pengakhiran penangkapan ikan paus untuk tujuan ilmiah. Australia mengajukan usul kepada IWC dengan mengatakan hanya masyarakat penduduk asli yang memburu untuk makanan mereka boleh diizinkan memburu ikan paus.

XS
SM
MD
LG