Tautan-tautan Akses

Aung San Suu Kyi Bertemu Presiden Birma Thein Sein


Pemimpin demokrasi Birma, Aung San Suu Kyi (kiri) dan Presiden Birma Thein Sein bertemu selama 1 jam di ibukota pemerintahan Naypyidaw (19/8).

Pemimpin demokrasi Birma, Aung San Suu Kyi (kiri) dan Presiden Birma Thein Sein bertemu selama 1 jam di ibukota pemerintahan Naypyidaw (19/8).

Untuk pertama kalinya, peraih Nobel Perdamaian tersebut bertemu dengan Presiden Sipil Pertama Birma di istana Kepresidenan.

Seorang pejabat pemerintah Birma mengatakan tokoh demokrasi Aung San Suu Kyi hari Jumat bertemu Presiden Thein Sein di Naypyidaw.

Televisi pemerintah menayangkan video pertemuan pertama antara peraih Nobel Perdamaian itu dan presiden sipil pertama Birma, menggambarkan pertemuan itu sebagai bersahabat. Dikatakan, keduanya membahas kemungkinan kerjasama.

Secara terpisah, sumber pemerintah mengatakan kepada kantor berita Associated Press, pertemuan itu berlangsung hampir satu jam dan menggambarkannya sebagai "signifikan". Sumber itu berbicara tanpa mau disebut identitasnya.

Jurubicara Partai Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi juga berbicara kepada Associated Press. Nyan Win mengatakan pertemuan itu bisa menjadi "langkah pertama menuju rekonsiliasi nasional" tapi menolak menjelaskan lebih lanjut. Pejabat-pejabat yang tidak disebut namanya mengatakan keduanya bertemu di istana kepresidenan.

Bulan Maret, rejim militer Birma menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah sipil baru yang dipimpin mantan jenderal Thein Sein, setelah hampir setengah abad pemerintahan militer.

Aung San Suu-kyi bulan November dibebaskan dari penahanan selama tujuh tahun, tidak lama setelah berlangsung Pemilu nasional yang tidak diikuti Liga Nasional bagi Demokrasi yang dipimpin Suu Kyi.

XS
SM
MD
LG