Tautan-tautan Akses

AT&T Akan Perluas Layanan Internet Super Cepat


Teknisi Verizon memperbaiki jaringan Internet di kantor pos di New York. (Foto: Ilustrasi)

Teknisi Verizon memperbaiki jaringan Internet di kantor pos di New York. (Foto: Ilustrasi)

Layanan tersebut, yang disebut GigaPower, memiliki kecepatan 1 gigabit per detik atau sekitar 100 kali yang biasanya didapat konsumen di AS dengan pita lebar.

AT&T berencana melakukan ekspansi besar layanan Internet super cepat yang akan menjangkau 100 daerah di 25 wilayah metropolitan di Amerika Serikat.

Layanan tersebut, yang disebut GigaPower, memiliki kecepatan 1 gigabit per detik atau sekitar 100 kali yang biasanya didapat konsumen di AS dengan pita lebar. Hal itu berarti pengunduhan video dan kemampuan alat-alat untuk tersambung dengan jaringan tanpa hambatan.

AT&T saat ini memiliki kecepatan seperti itu di Austin, Texas, dan telah berkomitmen untuk menawarkan layanan tersebut di Dallas. Perusahan juga sedang dalam pembahasan lanjut untuk membawa GigaPower ke Raleigh-Durham dan Winston-Salem di North Carolina.

Layanan bersaing datang dari Google Inc., yang disebut Google Fiber, tersedia di Kansas City dan akan ada di Austin dan Provo, Utah. Perusahaan-perusahaan lebih kecil dan perusahaan listrik publik menawarkan atau berencana menawarkan kecepatan semacam itu di berbagai pasar seluruh AS.

Kecepatan seperti itu umum ada di Asia dan Eropa Utara, tapi tidak banyak di AS, dimana banyak rumah tangga masih memakai sambungan dial-up yang sangat lambat. Para penyedia layanan Internet enggan menghabiskan miliaran dolar yang diperlukan untuk memperpanjang kabel fiber-optic ke setiap rumah. Para perusahan tersebut umumnya nyaman memakai saluran televisi kabel yang sudah ada, namun lebih lambat. (AP)
XS
SM
MD
LG