Tautan-tautan Akses

Atlet Olimpiade Korsel akan Kenakan Seragam Anti Nyamuk


Peserta karnaval menyambut Olimpiade di Rio de Janeiro, Brazil membawa peringatan soal virus Zika (foto: dok).

Peserta karnaval menyambut Olimpiade di Rio de Janeiro, Brazil membawa peringatan soal virus Zika (foto: dok).

Atlet-atlet Olimpiade Korea Selatah akan mengenakan baju kaos lengan panjang dan celana yang mengandung obat penangkal nyamuk.

Korea Selatah telah mengumumkan bahwa atlet-atlet Olimpiadenya akan mengenakan baju kaos lengan panjang dan celana yang mengandung obat penangkal nyamuk pada upacara-upacara dan latihan selama Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Seragam itu dimaksudkan untuk mencegah penularan virus Zika yang dibawa oleh nyamuk, yang menyebabkan gejala ringan saja pada kebanyakan orang tetapi dapat menyebabkan cacat lahir apabila perempuan yang hamil terinfeksi virus itu.

Virus Zika juga ditemukan dapat ditularkan melalui hubungan seks. Artinya atlet yang terinfeksi, meskipun tidak hamil, dapat menularkan virus itu kepada pasangannya.

Para atlet tidak dapat mengenakan pakaian pelindung itu saat bertanding, tetapi mereka akan diizinkan menggunakan obat penangkal nyamuk.

Dari sekitar 2 juta orang di seluruh dunia yang tertular Zika, Brazil telah melaporkan sekitar 1,5 juta warganya tertular virus itu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG