Tautan-tautan Akses

23 Atlet Olimpiade 2012 Positif Gunakan Doping


Kantor Badan Anti-Doping Dunia (WADA) di Montreal, Kanada (foto: dok). 23 atlet Olimpiade 2012 telah di tes positif menggunakan doping.

Kantor Badan Anti-Doping Dunia (WADA) di Montreal, Kanada (foto: dok). 23 atlet Olimpiade 2012 telah di tes positif menggunakan doping.

IOC mengatakan, 23 atlet di tes positif menggunakan doping dalam analisa-ulang sampel dari Olimpiade London tahun 2012.

Sebanyak 23 atlet di tes positif menggunakan obat terlarang dalam analisa-ulang sampel dari Olimpiade London tahun 2012, menurut Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Nama ke-23 atlet, dari enam negara dan dari lima cabang olahraga, tidak akan diumumkan sampai tes konfirmasi akhir dilakukan. Jika jelas menggunakan obat terlarang, mereka tidak akan memenuhi syarat untuk bertanding di Olimpiade Rio de Janeiro pada bulan Agustus. Sedang hasil dan medali yang mereka raih dalam Olimpiade London, akan dicabut.

IOC menyimpan sampel penggunaan obat terlarang dari tes darah dan air seni para atlet selama 10 tahun, sehingga mereka dapat dianalisa ulang pada waktu metode pengujian baru tersedia.

Pekan lalu, organisasi itu mengatakan 31 atlet gagal dalam test penggunaan obat terlarang ketika 454 sampel dari Olimpiade Beijing tahun 2008 diperiksa kembali. IOC mengatakan program pemeriksaan kembali dilakukan terhadap para atlit yang mungkin bersaing di Rio de Janeiro.

Rusia telah mengukuhkan bahwa terdapat 14 test positif dari Olimpiade Beijing adalah atlit – atlit Rusia, beberapa di antaranya memperoleh medali. [sp]

XS
SM
MD
LG