Tautan-tautan Akses

AS

@POTUS Tweet, 1,6 Juta Orang Jadi Follower


Akun Twitter baru Presiden AS Barack Obama @POTUS

Akun Twitter baru Presiden AS Barack Obama @POTUS

Presiden AS Barack Obama telah memiliki 1,6 juta follower di Twitter setelah bergabung kurang dari 24 jam dengan menggunakan akun @POTUS.

The Guinness World mencatat rekor pencapaian sejuta follower tercepat saat ini dipegang oleh aktor Hollywood Robert Downey Jr. yang berhasil mempunyai 1 juta follower kurang dari 24 jam (23:22) pada bulan April 2014.

POTUS adalah singkatan dari President of the United States atau Presiden Amerika Serikat dan Gedung Putih mengatakan tweet dari akun tersebut hanya ditulis oleh Presiden Obama.

Pesan pendek pertama presiden di situs microblog AS terkenal itu pada hari Senin (18/5) dikirim menggunakan iPhone Gedung Putih dan hanya mengatakan: "Hello, Twitter! It's Barack. Really! Six years in, they're finally giving me my own account,'' yang artinya "Halo, Twitter! Ini Barack. Setelah enam tahun akhirnya saya diijinkan punya akun sendiri."


Mantan Presiden Bill Clinton (@billclinton), yang salah satu dari beberapa orang yang Obama follow berkomentar:

"Welcome to @Twitter, @POTUS! One question: Does that username stay with the office? #askingforafriend'' atau "Selamat datang di @Twitter, @POTUS! Satu pertanyaan: Apakah nama tersebut untuk pemegang jabatan ini? #bertanyauntukteman" - yang mengacu pada istrinya, Hillary Clinton, yang mencalonkan diri menjadi presiden.

"Pertanyaan bagus, @billclinton," jawab Obama. "Akun ini untuk jabatan (presiden). Kenal dengan seseorang yang tertarik dengan akun @FLOTUS?''

(FLOTUS adalah singkatan dari First Lady of the United States atau Ibu Negara Amerika Serikat).

"Akun twitter @POTUS akan menjadi media baru bagi Presiden Obama untuk berinteraksi langsung dengan warga Amerika," menurut artikel di blog White House. "Presiden Obama berkomitmen menjadikan pemerintahannya paling terbuka dan terlibat dengan publik dalam sejarah, dan @POTUS akan memberikan warga Amerika media baru untuk berinteraksi dengan isu-isu yang menurut mereka penting."

Obama sebelumnya menulis tweet dengan menggunakan akun Twitter @BarackObama, yang dikelola oleh kelompok Organizing for Action, mantan tim kampanye presiden Obama. Tweetnya juga muncul di akun Twitter @WhiteHouse, yang sebagian besar ditulis oleh staf Gedung Putih. Pesan yang ditulis langsung oleh presiden akan diberi tanda "BO" - initial namanya.

@BarackObama adalah pemimpin dunia yang paling diikuti dan paling berpengaruh di Twitter, dengan 59,3 juta follower, menurut Twiplomacy Study 2015, yang menganalisa pemimpin dunia, pemerintah dan menteri luar negeri yang menggunakan Twitter sebagai alat diplomasi.

Pemimpin dunia lainnya jauh ketinggalan: @Pontifex - akun Twitter Paus Fransiskus punya 20 juta follower dalam berbagai bahasa, menurut penelitian tersebut.

Di Asia, Perdana Menteri India, Narendra Modi @narendramodi memimpin dengan 10,9 juta follower.

Di Timur Tengah, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan @RT_Erdogan punya 6,1 juta follower. Yang juga populer adalah Syeikh Dubai Mohammed Bin Rashid Al Maktoum @HHShkMohd dengan 4,04 juta follower.

Pemimpin Afrika yang punya paling banyak follower di Twitter adalah Presiden Rwanda Paul Kagame @PaulKagame, yang punya 942.000 follower. Presiden Kenya Uhuru Kenyatta @UKenyatta juga populer dengan 859.000 follower.

Di Eropa, Perdana Menteri Inggris David Cameron @Number10gov adalah pemimpin Uni Eropa dengan follower terbanyak 3,24 juta follower, sementara akun resmi Presiden Rusia Vladimir Putin berbahasa Inggris @PutinRF_Eng punya 246.000 follower.

Error rendering storify.

XS
SM
MD
LG