Tautan-tautan Akses

Astronot Pelopor NASA: Di Mana Mereka Sekarang?


Astronot Apollo 11 Neil Armstrong dan Edwin E. "Buzz" Aldrin, orang-orang pertama yang pernah mendarat di bulan. (NASA)

Astronot Apollo 11 Neil Armstrong dan Edwin E. "Buzz" Aldrin, orang-orang pertama yang pernah mendarat di bulan. (NASA)

Dalam kenangan mengenai Neil Armstrong, mari kita kenang juga astronot-astronot pelopor yang bergabung dengan NASA.

Seiring makin lazimnya penjelajahan luar angkasa dan jumlah astronot telah meningkat sampai lebih dari 300 orang, banyak nama yang terlupakan. Namun beberapa astronot akan tetap dihubungkan dengan jaman keemasan penjelajahan luar angkasa. Berikut adalah beberapa contohnya.

Dari Apollo 11 (1969), misi pendaratan di bulan berawak pertama:

- Buzz Aldrin: Pilot modul lunar untuk Apollo 11. Orang kedua yang mendarat di bulan setelah komandan Neil Armstrong. Meninggalkan NASA pada 1971 dan kembali ke Angkatan Udara. Ia menulis beberapa buku termasuk “Return to Earth (Kembali ke Bumi)” dan “Men from Earth (Pria-pria dari Bumi).” Advokat untuk penjelajahan luar angkasa AS di masa depan, ia sering memberikan ceramah. Usia: 82.

- Neil Armstrong: Komandan misi Apollo 11 dan manusia pertama yang mendarat di bulan. Meninggalkan NASA pada 1971 dan mengajar ilmu teknik di University of Cincinnati, sebelum menjadi direktur perusahaan sistem elektronik. Meninggal dunia pada 25 Agustus 2012 pada usia 82 tahun.

- Michael Collins: Komandan pilot modul pada Apollo 11 dan mengelilingi bulan sementara para kolega Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendarat. Meninggalkan NASA pada 1970 dan menjadi direktur pertama Museum Udara dan Luar Angkasa Nasional pada Lembaga Smithsonian di Washington. Menulis “Carrying the Fire (Membawa Api)”, yang dianggap sebagai salah satu buku luar angkasa dari sisi astronot. Usia: 81.

Astronot-astronot terpandang lainnya:

- Scott Carpenter: Orang Amerika kedua yang mengorbiti Bumi pada 1962, bersama John Glenn, anggota yang tertinggal dari tujuh astronot Mercury original NASA. Mengucapkan kalimat perpisahan yang terkenal “Goodspeed, John Glenn (Tuhan memberkati, John Glenn).” Terlibat dalam program SeaLab milik Angkatan Laut dan menghabiskan 30 hari di dalam laut pada 1965. Keluar dari Angkatan Laut pada 1969. Usia: 87.

- Eugene Cernan: Komandan Apollo 17 pada 1972. Astronot terakhir yang berjalan di bulan. Orang kedua yang berjalan di luar angkasa pada 1966 sebagai pilot Gemini 9. Pensiun dari Angkatan Laut pada 1976 dan kemudian memulai perusahaan konsultan pesawat luar angkasa di Houston. Usia: 78.

- John Glenn: Orang Amerika pertama yang mengorbiti Bumi pada 1962, memutarinya tiga kali dalam lima jam. Meninggalkan NASA pada 1965 dan pensiun dari Korps Marinir tahun berikutnya. Menjadi senator AS untuk Partai Demokrat dari Ohio dan sempat mencalonkan diri menjadi presiden pada 1984. Kembali ke luar angkasa pada 1998 dalam sebuah misi sembilan hari dengan pesawat ulang-alik Discovery, menjadikannya orang tertua yang pernah ke luar angkasa pada usia 77 tahun. Usia: 91.

- Jim Lovell: Komandan Apollo 13 pada 1970, penerbangan luar angkasanya yang keempat. Tank oksigen pada pesawat ini meledak dan misi ke bulan ini dibatalkan. Meninggalkan NASA pada 1973 dan menjadi eksekutif bisnis. Usia: 84.

- Edgar Mitchell: Orang keenam yang berjalan di bulan pada 1971 setelah menggerakkan modul pendaratan dari Apollo 14. Membuat dua perjalanan untuk mengambil sampel-sampel dari bulan bersama Alan Shepard. Meninggalkan NASA pada 1972 dan menjadi pengajar, dosen dan konsultan. Usia: 81.

- Alan Shepard: Orang Amerika pertama di luar angkasa, melakukan penerbangan suborbital selama 15 menit pada 1961. Kembali ke luar angkasa sebagai komandan Apollo 14 pada 1971, menggunakan sekop sampel bulan dengan kepala tongkat golf untuk memukul bola di bulan. Keluar dari NASA pada 1974 dan bekerja di sektor usaha swasta di Houston. Ia meninggal pada 1998 pada usia 74.

- Jack Swigert Jr.: Pilot Apollo 13 pada 1970, pengganti pada menit terakhir setelah astronot lain terkena campak. Misi ke bulan tersebut digagalkan setelah tank oksigen pada pesawat meledak. Keluar dari NASA pada 1977. Terpilih menjadi anggota Kongres pada November 1982, dan meninggal karena kanker tulang pada bulan berikutnya pada usia 51.

- John Young: Orang pertama yang terbang ke luar angkasa dari Bumi selama enam kali – atau tujuh kali jika menghitung tinggal landas di bulan pada 1972. Terbang dalam dua misi Gemini dan dua misi Apollo. Komandan penerbangan pesawat ulang-alik luar angkasa pertama, yaitu Columbia pada 1981. Penerbangan luar angkasa terakhir pada 1983 dengan Columbia. Pensiun dari NASA pada 2004. Usia: 81. (AP)

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG