Tautan-tautan Akses

Astronot AS Periksa Lapisan Pelindung Panas Atlantis


Para astronot pesawat ulang-alik Arlantis, dari kiri: Rex Walheim, pilot Doug Hurley, komandan misi Chris Ferguson, dan Sandy Magnus.

Para astronot pesawat ulang-alik Arlantis, dari kiri: Rex Walheim, pilot Doug Hurley, komandan misi Chris Ferguson, dan Sandy Magnus.

NASA mengatakan, inspeksi hari Sabtu itu merupakan persiapan Atlantis untuk bergabung dengan Stasiun Antariksa Internasional hari Minggu.

Astronot-astronot pesawat ulang-alik antariksa Amerika Atlantis pada hari pertama misi mereka di antariksa memeriksa lapisan pelindung panas pada pesawat ulang-alik itu untuk melibat apakah ada kerusakan dalam peluncuran hari Jumat.

Badan Antariksa Amerika, NASA, mengatakan, inspeksi yang dilakukan hari Sabtu itu merupakan persiapan untuk bergabung dengan Stasiun Antariksa Internasional hari Minggu.

NASA mengatakan awak Atlantis yang beranggota empat orang itu menggunakan lengan robot Atlantis yang dilengkapi kamera pada ujungnya agar bisa melihat dari dekat.

Pakar-pakar di Bumi akan memeriksa foto-foto itu untuk memastikan pelindung panas masih berada dalam kondisi yang baik.

Inspeksi itu merupakan prosedur standar. Tahun 2003, pesawat ulang-alik Columbia hancur ketika masuk kembali ke atmosfir Bumi akibat kerusakan pada saat peluncuran.

Atlantis melakukan penerbangan ke-135 dan terakhir dari program pesawat ulang-alik Amerika yang berusia 30 tahun itu. Awak pesawat ulang-alik membawa pasokan, suku cadang dan eksperimen sains dalam misi 12 hari itu.

XS
SM
MD
LG