Tautan-tautan Akses

AS

Astronot Apollo 14 Meninggal di Florida


Astronot NASA, Edgar Mitchell (foto: dok).

Astronot NASA, Edgar Mitchell (foto: dok).

Edgar Mitchell, astronot AS pada misi Apollo 14 dan menjadi orang keenam yang mendarat di bulan, meninggal pada usia 85 tahun hari Kamis (4/2) malam.

Astronot Amerika, Edgar Mitchell, yang terbang pada misi Apollo 14 dan menjadi orang keenam yang mendarat di bulan, meninggal di Florida pada usia 85 tahun.

Anggota keluarga mengatakan, Mitchell meninggal Kamis (4/2) malam di sebuah rumah sakit di West Palm Beach setelah sakit beberapa lama.

Mitchell, salah satu dari hanya 12 orang yang pernah menginjakkan kaki di bulan, bergabung dengan NASA pada tahun 1966. Dia membantu untuk merancang dan menguji modul lunar atau kendaraan perndaratan di bulan pertama, yang mencapai bulan pada tahun 1969. Diamenjadi awak pesawat Apollo 14 pada tahun 1971 dengan Alan Shepard, orang Amerika pertama yang terbang ke luar angkasa.

Astronot Apollo 14 merupakan awak pertama yang mencoba mencapai bulan setelah astronot Apollo 13 hampir tewas ketika sebuah tangki oksigen meledak di pesawat ruang angkasa. Mitchell awalnya dijadwalkan pada penerbangan yang naas itu, tetapi kemudian dijadwalkan untuk misi berikutnya.

Kemudian Mitchell mengabdikan sebagian besar hidupnya untuk memahami kesadaran dan fenomena yang belum terungkap, termasuk menjajagi kemungkinan keberadaan mahluk angkasa luar. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG