Tautan-tautan Akses

Assad: Suriah Siap Bantu Implementasikan Rencana Gencatan Senjata


Presiden Suriah Bashar al-Assad saat diwawancarai oleh surat kabar Spanyol El Pais di Damaskus, 20 Februari 2016 (Foto: dok).

Presiden Suriah Bashar al-Assad saat diwawancarai oleh surat kabar Spanyol El Pais di Damaskus, 20 Februari 2016 (Foto: dok).

Presiden Suriah Bashar al-Assad mengukuhkan kepada sejawatnya dari Rusia, Vladimir Putin, bahwa Suriah siap membantu memberlakukan gencatan senjata yang direncanakan dimulai Sabtu mendatang.

Kedua pemimpin berbicara melalui telepon, Rabu (24/2), dan menegaskan pentingnya melanjutkan usaha memerangi kelompok-kelompok teror seperti ISIS dan Jabhat al-Nusra. Kelompok-kelompok militan itu bukan merupakan bagian dari proposal AS-Rusia untuk menghentikan permusuhan. Kelompok-kelompok lain akan menyampaikan apakah mereka bersedia terlibat selambatnya hari Jumat.

Komisi Tinggi Perundingan, kelompok oposisi utama mengatakan partisipasi tergantung pada apakah bantuan kemanusiaan bisa disampaikan sepatutnya dan apakah pengepungan dan serangan udara terhadap warga sipil dihentikan.

Kantor berita Rusia Interfax, mengutip juru bicara kementerian luar negeri Rusia, Dmitry Peskov, yang mengatakan bahwa gencatan senjata itu merupakan fokus utama pemerintah di Suriah dan masih terlalu dini untuk membicarakan rencana cadangan. [ab]

XS
SM
MD
LG