Tautan-tautan Akses

Assad: ‘Pembebasan Aleppo’ Peristiwa Bersejarah


Warga Aleppo, Suriah berkumpul untuk dievakuasi dari wilayah yang dikuasai pemberontak di Aleppo, yang berarti pasukan Suriah akan menguasai sepenuhnya kota ini, Kamis (15/12).

Warga Aleppo, Suriah berkumpul untuk dievakuasi dari wilayah yang dikuasai pemberontak di Aleppo, yang berarti pasukan Suriah akan menguasai sepenuhnya kota ini, Kamis (15/12).

Presiden Suriah Bashar al-Assad hari Kamis (15/12) mengatakan bahwa sejarah akan ditorehkan dengan apa yang dikatakannya sebagai “pembebasan Aleppo.”

“Yang terjadi hari ini adalah penulisan sejarah oleh setiap warga Suriah. Penulisan sejarah itu tidak dimulai hari ini, melainkan enam tahun lalu ketika krisis dan perang dimulai di Suriah,” kata Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam video yang dimuat ke akun Twitternya.

Assad menyamakan direbutnya kembali Aleppo oleh pemerintah dengan peristiwa bersejarah lain, termasuk kelahiran Yesus Kristus dan kejatuhan Uni Soviet, dan mengatakan sejarah akan terukir secara permanen.

“Sejarah tidak lagi sama sebelum dan sesudahnya… Menurut saya setelah pembebasan Aleppo kita akan mengatakan bahwa bukan hanya situasi Suriah, tetapi situasi regional dan internasional akan berbeda,” katanya.

Komentar Assad itu disampaikan setelah ambulans-ambulans dan bus-bus hijau milik pemerintah mulai mengevakuasi warga yang terluka dan warga sipil lain dari wilayah-wilayah yang dikuasai pemberontak di Aleppo hari Kamis sebagai bagian dari gencatan senjata baru yang diperkirakan akan berlangsung selama tiga hari. Berbagai upaya evakuasi telah tertunda sehari sebelumnya karena pertempuran hebat.

Antrian panjang bus dan ambulans keluar dari Aleppo timur yang bergolak dan melewati wilayah yang dikuasai pemerintah sebelum memasuki wilayah lain yang diduduki pemberontak di provinsi itu. [vm/ds]

XS
SM
MD
LG