Tautan-tautan Akses

Assad Menunggu Tindakan dari Ucapan Kerry


Presiden Suriah Bashar al-Assad menunggu aksi nyata dari Washington (foto: dok).

Presiden Suriah Bashar al-Assad menunggu aksi nyata dari Washington (foto: dok).

Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan menunggu "tindakan" Washington setelah Menlu John Kerry mengatakan kesiapan AS bernegosiasi dengan Damaskus.

Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan Senin (16/3) ia sedang menunggu "tindakan" Washington untuk memenuhi perkataan Menteri Luar Negeri AS John Kerry, yang sehari sebelumnya mengutarakan niat untuk bernegosiasi dengan pemimpin pemerintah Suriah.

"Kami baru mendengar deklarasi dan kami harus menunggu tindakan dan kemudian memutuskan," kata Assad kepada televisi Iran seperti dikutip oleh media pemerintah Suriah.

Dalam sebuah wawancara pada hari Minggu (15/3), Kerry mengatakan Amerika Serikat pada akhirnya harus mencapai kesepakatan dengan pemimpin terkait transisi kekuasaan politik, sementara Suriah menandai peringatan empat tahun perang sipil yang telah menewaskan 200.000 orang.

"Pada akhirnya kita harus bernegosiasi," kata Kerry dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Minggu oleh televisi CBS dalam acara Face the Nation, mendorong solusi diplomatik bagi konflik di Suriah. "Kita akan harus menegaskan kepada Assad bahwa ada tekad dari semua orang untuk mencari solusi politik ... dan saya yakin bahwa, dengan upaya sekutu kita dan pihak lain, tekanan terhadap Assad ada meningkat. "


Amerika Serikat juga masih terus terlibat dalam serangan udara di Suriah utara dan timur, di mana militan Negara Islam merebut wilayah tahun lalu, dan menjadi musuh bersama Damaskus dan Washington.

XS
SM
MD
LG