Tautan-tautan Akses

Asosiasi Dokter Inggris Serukan Larangan Merokok di Mobil Pribadi


Asosiasi Kedokteran Inggris mendesak aturan lebih ketat untuk melindungi anak-anak beresiko menjadi perokok pasif.

Sejumlah negara seperti Australia, Kanada dan beberapa negarabagian di Amerika, telah melarang merokok dalam mobil jika ada anak-anak.

Asosiasi Kedokteran Inggris mendesak pemeritah untuk melarang merokok di dalam mobil pada waktu kapan pun, guna melindungi orang-orang dari resiko menjadi perokok pasif. Sebuah langkah yang melebihi peraturan-peraturan yang diberlakukan negara-negara lain.

Asosiasi itu hari Rabu menyerukan agar pemerintah mengambil apa yang mereka sebut “langkah tegas dan berani” untuk melarang merokok di dalam kendaraan-kendaraan pribadi. Inggris telah menerapkan peraturan yang melarang merokok di kendaraan-kendaraan umum seperti bis dan kereta api, namun tidak ada undang-undang yang melarang merokok di kendaraan pribadi.

Pemerintah juga melarang merokok di tempat-tempat umum seperti pub dan restoran pada tahun 2007, namun tidak menerapkan larangan di tempat-tempat pribadi.

Sejumlah negara seperti Australia, Kanada dan beberapa bagian di Amerika, telah melarang merokok dalam mobil jika ada anak-anak. Namun tidak ada negara yang melarang semua kegiatan merokok di kendaraan pribadi.

Riset menunjukkan ruang yang tertutup dalam mobil akan membuat pengendara dan penumpang terpapar racun rokok 23 kali lebih besar dibanding ketika mereka berada di bar yang penuh asap rokok.

Anak-anak – yang cenderung menyerap lebih banyak polutan, dan orang lanjut usia juga rentan menjadi perokok pasif. Asap rokok akan bertahan di dalam mobil lama setelah rokok itu selesai dihisap.

XS
SM
MD
LG