Tautan-tautan Akses

Asisten Menlu Amerika Melawat ke Korea Selatan


Asisten Menteri Luar Negeri Amerika, Kurt Campbell (Foto: dok).

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika, Kurt Campbell (Foto: dok).

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Kurt Campbell akan mengadakan pembicaraan di Seoul dengan para pejabat Korea Selatan mengenai cara menghidupkan kembali perundingan perlucutan nuklir yang macet dengan Korea Utara setelah meninggalnya Kim Jong Il.

Campbell diperkirakan akan bertemu hari Kamis dengan Lim Sung-nam, perunding Korea Selatan untuk pembicaraan enam negara yang bertujuan meyakinkan Korea Utara agar menghentikan program nuklirnya sebagai imbalan bantuan ekonomi.

Campbell tiba di Seoul hari Rabu setelah dua hari mengadakan pertemuan di Tiongkok. "Kami akan terus memantau situasi, secara teratur membagi berbagai perspektif dan peninjauan, dengan berkonsulasi dan seacra aktid mengkoordinasi berbagai tanggapan kami," ungkap Campbell.

Campbell juga diperkirakan akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kim Sung-hwan sebelum berangkat ke Jepang hari Jumat untuk merampungkan lawatan diplomatiknya.

Peserta perundingan nuklir enam negara adalah Jepang, Tiongkok, Rusia, Amerika Serikat dan Korea Utara dan Korea Selatan. Bulan April 2009, Pyongyang meninggalkan perundingan tersebut.

XS
SM
MD
LG