Tautan-tautan Akses

ASEAN Kecewa AS Absen dalam Pembicaraan Ekonomi Regional


Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan

Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan

Pejabat ekonomi ASEAN bertemu di Danang, Vietnam, yang juga dihadiri oleh para mitra dialog, termasuk Tiongkok, India, Jepang, Rusia dan Uni Eropa.

Ketidakhadiran Amerika dalam pertemuan tahunan menteri ekonomi Asia Tenggara dan mitra-mitra dagang utama mereka, mengundang perhatian.

Sepuluh negara anggota ASEAN bertemu di Danang, Vietnam, yang juga dihadiri oleh "mitra-mitra dialog," termasuk Australia, Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Rusia dan Uni Eropa.

Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan memberitahu para wartawan pada hari Kamis, ia “kecewa” dengan absennya Amerika. Para peserta dalam pertemuan minggu ini berusaha membuat ASEAN menjadi suatu pasar tunggal yang mirip Uni Eropa selambat-lambatnya tahun 2015.

Surin mengatakan Amerika masih berdialog di kawasan itu dalam berbagai hal lainnya. Walaupun absen dalam forum ini, Amerika memainkan peran kunci dalam pembicaraan keamanan yang melibatkan sebagian besar negara-negara yang sama di Vietnam bulan lalu.

Sebagian analis berpendapat pemerintahan Obama enggan bergerak pada isu-isu perdagangan, sebelum pemilihan anggota Kongres yang sangat penting November mendatang. Tapi P.J. Crowley, Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika di Washington pada hari Kamis mengatakan Amerika berkomitmen untuk meningkatkan hubungan dengan ASEAN.

XS
SM
MD
LG