Tautan-tautan Akses

AS Bantu Indonesia Tingkatkan Pertahanan

  • Fathiyah Wardah

Kementerian Pertahanan menandatangani kerjasama pertahanan dengan DIRI di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, 7 Januari 2015 (Foto: VOA/Fatiyah).

Kementerian Pertahanan menandatangani kerjasama pertahanan dengan DIRI di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, 7 Januari 2015 (Foto: VOA/Fatiyah).

Defense Institution Reform Initiative (DIRI) Departemen Pertahanan AS telah memberikan berbagai masukan mengenai praktek sistem pertahanan internasional terbaik untuk Kementerian Pertahanan, Markas Besar TNI dan ketiga angkatannya.

Kementerian Pertahanan Indonesia bekerjasama dengan Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam peningkatan pertahanan Indonesia di tahun 2015.

Kerjasama ini dikuatkan dengan penandatangan rencana aksi 2015 yang disaksikan Sekretaris Jenderal Kementerian pertahanan Indonesia Letjen TNI Ediwan Prabowo dan Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Kristen F.Bauer, Rabu, di Kantor Kementerian Pertahanan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Indonesia Letjen TNI Ediwan Prabowo mengatakan rencana aksi tahun 2015 ini memperluas cakupanProgram Defence Institution Reform Initiative (DIRI) secara kelembagaan maupun secara substantif.

DIRI kata Ediwan melaksanakan upaya penguatan institusi pertahanan di Indonesia termasuk Mabes TNI beserta ketiga angkatannya.

Menurutnya kementeriannya menghargai kerjasama antara DIRI dan kementerian pertahanan untuk meningkatkan kualitas personel dan sistem.

"Hari ini kami mulai memajukan dan membikin rencana induk buat 2015. Kerja sama antara Kemhan dan DIRI tidak hanya akan berfokus pada satu program. Kerja sama antara Kemhan dan DIRI akan melibatkan Direktorat jenderal strategi pertahanan, direktorat jenderal perencanaan pertahanan, dan direktorat jenderal potensi pertahanan," kata Ediwan Prabowo.

Lebih lanjut Ediwan mengungkapkan pada tahun 2014, Defense Institution Reform Initiative (DIRI) Departemen Pertahanan Amerika juga telah memberikan bantuan untuk penyusunan rencana strategis pertahanan Indonesia untuk periode 2015 hingga 2019 serta perencanaan anggaran.

Tim DIRI tambahnya telah memberikan berbagai masukan mengenai praktek sistem pertahanan internasional terbaik untuk Kementerian Pertahanan, Markas Besar TNI dan ketiga angkatannya.

Kementerian Pertahanan dan TNI kata Ediwan saat ini telah mengadopsi sebagian dari praktek sisitem pertahanan internasional terbaik di bidang sumber daya pertahanan dan terus berusaha untuk memperbaiki proses manjemen sumber daya pertahanan.

Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Kristen F.Bauer mengungkapkan kerjasama ini terus menguat. Menurutnya kerjasama pertahanan dengan Indonesia adalah komitmen jangka panjang antara Departemen Pertahanan Amerika dengan Kementerian Pertahanan Indonesia.

Hal ini merupakan hasil nyata dari kemitraan komprehensif yang sedang berlangsung antara pemerintah Amerika Serikat dengan pemerintah Indonesia.

"Kerja sama ini terus menguat seperti kami perkirakan sebelumnya. Hubungan perdagangan terus menunjukkan perkembangan positif dan kian kuat. Dengan menggelar latihan bersama dan pelbagai kegiatan lainnya tahun lalu, kita akan terus melanjutkan hubungan ini dan kerja sama kita di tahun ini dengan program DIRI," jelas Kristen F.Bauer.

XS
SM
MD
LG