Tautan-tautan Akses

AS

AS Dukung Penyelesaian Diplomatik untuk Sengketa Laut Cina Selatan


Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton (Foto: dok)

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton (Foto: dok)

Menteri Clinton menyatakan keprihatinanannya yang mendalam terkait ketegangan Filipina-Tiongkok atas Scarborough Shoa di Laut Cina Selatan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan Amerika tetap mendukung keamanan Filipina, tetapi tidak akan memihak dalam sengketa maritim yang sedang berlangsung antara Filipina dan Tiongkok di Laut Cina Selatan.

Menteri Clinton menyampaikan komentar itu hari Senin (30/4) di Washington dalam pembicaraan dengan pejabat-pejabat diplomatik dan pertahanan dari Manila.

Menteri Clinton menyatakan keprihatinanannya yang mendalam terkait ketegangan yang sudah berlangsung selama hampir tiga pekan antara Filipina dan Tiongkok atas Scarborough Shoa, yang diklaim oleh kedua negara. Ia mengatakan, Amerika mendukung penyelesaian diplomatik bagi sengketa wilayah tersebut.

Seusai pertemuan, Amerika-FIlipina mengeluarkan pernyataan bersama, yang menegaskan kerjasama untuk terus mendukung kemampuan Filipina mematroli perairannya berdasarkan perjanjian pertahanan bersama antara kedua negara.
XS
SM
MD
LG