Tautan-tautan Akses

AS

AS Yakin Rusia Ada di Balik Peretasan Partai Politik


Kantor pusat Departemen Keamanan Dalam Negeri AS di Washington.

Kantor pusat Departemen Keamanan Dalam Negeri AS di Washington.

Serangan paling menyolok adalah yang dilancarkan terhadap Komite Nasional Partai Demokrat, yang menyebabkan pembocoran ribuan email.

Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika (DHS) mengatakan, pihaknya yakin bahwa Rusia ada di balik upaya peretasan terhadap partai politik Amerika, serta mendesak pejabat lokal untuk meminta bantuan pengamanan dunia maya menjelang pemilihan presiden November mendatang.

Dalam sebuah pernyataan Jumat (7/10), DHS dan kantor Intelijen untuk Keamanan Pemilu mengatakan, peretasan email baru-baru ini oleh Wikileaks dan DCLeaks konsisten dengan upaya yang diarahkan Rusia dan dimaksudkan untuk mengganggu proses pemilihan Amerika.

“Kegiatan seperti itu bukan barang baru untuk Moskow – Rusia mempergunakan taktik-taktik dan teknik serupa di Eropa dan Eurasia guna mempengaruhi opini publik di sana,” menurut pernyataan tersebut.

“Kami yakin, berdasarkan lingkup dan sensitivitas dari upaya ini, bahwa hanya pejabat Rusia yang paling senior bisa memberi otorisasi untuk kegiatan ini.”

Minggu lalu misalnya, dalam debat kepresidenan yang pertama antara Trump dan Clinton, pesan-pesan bermunculan di halaman pesan laman-laman 4Chan dan Reddit, yang menyerukan pendukung Trump untuk memberi suara beberapa kali dalam jajak pendapat daring, sehingga bisa memenangkan Trump.

Serangan paling menyolok adalah yang dilancarkan terhadap Komite Nasional Partai Demokrat, yang menyebabkan pembocoran ribuan email, yang mempermalukan partai menjelang konvensi Juli lalu dan memaksa ketua komite Debbie Wasserman Schultz mengundurkan diri. [jm]

XS
SM
MD
LG