Tautan-tautan Akses

AS

AS dan Uni Eropa Bahas Isu Perdagangan


Pejabat perdagangan AS Daniel Mullaney (kiri) perunding Eropa Garcia Bercero saat melakukan pertemuan di Brussels bulan lalu (foto: dok).

Pejabat perdagangan AS Daniel Mullaney (kiri) perunding Eropa Garcia Bercero saat melakukan pertemuan di Brussels bulan lalu (foto: dok).

AS dan Uni Eropa melakukan perundingan untuk merancang perjanjian yang benar-benar bisa memajukan perdagangan, pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja.

Ketua tim perunding Uni Eropa pada perjanjian perdagangan utama dengan Amerika Ignacio Garcia Bercero mengatakan proposal tersebut bukan sebuah upaya untuk menderegulasi isu kesehatan, keselamatan dan keuangan.

Ignacio Garcia Bercero berbicara dengan para wartawan di Washington hari Jumat, pada akhir perundingan putaran ketiga tentang Kemitraan Perdagangan dan Investasi Trans Atlantik.

Sebagian pihak pengecam yang menentang perjanjian perdagangan antara Amerika dan banyak negara lain menuduh Washington berupaya menggunakan perundingan perdagangan sebagai sebuah cara terselubung untuk memangkas peraturan yang tidak disukai oleh kepentingan bisnis, seperti perlindungan hak-hak buruh.

Garcia Bercero mengatakan perjanjian rumit yang kini dipertimbangkan itu malah mempertahankan standar perlindungan tertinggi bagi konsumen, perlindungan terhadap lingkungan hidup dan lain-lain.

Kepala tim perunding Amerika Dan Mullaney mengatakan kedua pihak sedang bekerja sesegera mungkin untuk merancang perjanjian yang benar-benar bisa memajukan perdagangan, pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja.

Ia menambahkan Amerika dan Uni Eropa telah menanamkan investasi pada ekonomi satu sama lain hampir empat trilyun dolar dan pertukaran timbal balik dalam perdagangan kurang lebih tiga trilyun dolar sehari.
XS
SM
MD
LG