Tautan-tautan Akses

AS

AS Undang Investor yang Bisa Buka Lapangan Kerja


Presiden AS Barack Obama berbicara pada KTT Investasi di Washington DC (31/10). Obama memerintahkan pemangkasan birokrasi untuk menarik investor asing.

Presiden AS Barack Obama berbicara pada KTT Investasi di Washington DC (31/10). Obama memerintahkan pemangkasan birokrasi untuk menarik investor asing.

Amerika akan memulai upaya baru untuk menarik lebih banyak investasi asing guna mendorong pertumbuhan ekonominya yang tersendat-sendat.

Presiden Amerika Barack Obama memperluas upayanya untuk menarik investasi asing dengan menyingkirkan birokrasi dan minta para diplomat Amerika mengundang para investor.

Amerika membanggakan diri sebagai ekonomi terbesar di dunia, tetapi Presiden Barack Obama hari Kamis (31/10) mengumumkan rencana memulai upaya pemerintah nasional untuk memikat investasi lebih besar dari perusahaan-perusahaan asing terutama dalam bisnis yang akan memperluas pasar lapangan kerja di Amerika.

Hingga saat ini, berbagai misi untuk menarik investasi dari luar negeri umumnya diserahkan kepada para gubernur ke-50 negara bagian dan walikota di kota-kota besar.

Gedung Putih mengatakan akan menggunakan programnya "SelectUSA" untuk membuat investasi asing yang menciptakan lapangan kerja sebagai sebuah prioritas di semua kedutaan besarnya diluar negeri. Mereka mengatakan fokus pertamanya adalah 32 pasar regional utama yang saat ini sudah menyumbang 90 persen investasi asing di Amerika.

Di masa lalu, para pejabat senior pemerintah sering mengajukan tawaran bisnis ke perusahaan asing secara individual. Tetapi langkah baru ini akan membentuk upaya lebih terkoordinasi, yang mencakup sejumlah pejabat hingga ke tingkat Presiden Obama.

Presiden Obama dan beberapa pejabat utama pemerintah urusan ekonomi akan menjadi tuan rumah KTT Investasi Amerika yang pertama hari Kamis dan Jumat di Washington, acara yang telah menarik 1.200 tamu dari 60 negara.

Dalam pidato di acara tersebut, Presiden Obama menyebut sejumlah perusahaan asing yang telah beroperasi di Amerika. Ia mengatakan kepada para hadirin ia ingin para eksekutif bisnis tahu “tidak ada tempat lebih baik di dunia untuk berbisnis” daripada Amerika.

“Sejarah menunjukkan dalam dua abad terakhir bahwa jika Anda bertaruh pada Amerika, taruhan itu akan membuahkan hasil,” kata Obama.

Upaya pencarian investasi baru ini tampaknya sebagai pengakuan bahwa Amerika tidak selalu dianggap sebagai tempat investasi bisnis yang diminati, khususnya dibandingkan dengan negara-negara di mana pengusahanya membayar upah buruh jauh lebih rendah.

Hingga tahun 2000, Amerika menarik 37 persen investasi asing global dan pangsanya telah turun menjadi 17 persen. Perusahaan-perusahaan asing meraup laba 166 miliar dollar dalam investasi langsung di Amerika tahun lalu, turun 28 persen dari tahun 2011.

Ekonomi Amerika tumbuh sedikit di atas 2 persen per tahun. Tetapi meski terus tumbuh, angka pengangguran Amerika berdasarkan standar sejarah bertahan pada level tinggi 7,2 persen bulan September.

Sejumlah ekonom mengatakan penutupan sebagian operasi pemerintah Amerika baru-baru ini selama 16 hari merugikan ekonomi sebesar 24 miliar dolar untuk kuartal terakhir tahun ini.

Presiden Obama dan para pejabat teras AS bidang perekonomian menjadi tuan rumah KTT Investasi pertama hari Kamis dan Jumat di Washington DC, sebuah acara yang telah menarik 1.200 pengunjung dari 60 negara .
XS
SM
MD
LG