Tautan-tautan Akses

AS, Ukraina Desak Rusia Cari Solusi Politik atas Konflik


PM Ukraina, Arseniy Yatsenyuk membahas konflik di Ukraina timur lewat telepon dengan Wapres AS Joe Biden (foto: dok).

PM Ukraina, Arseniy Yatsenyuk membahas konflik di Ukraina timur lewat telepon dengan Wapres AS Joe Biden (foto: dok).

AS dan Ukraina mendesak Rusia agar memenuhi komitmennya untuk menemukan solusi politik terkait konflik di Ukraina timur

Amerika dan Ukraina mendesak Rusia agar memenuhi komitmennya untuk menemukan solusi politik terkait konflik di Ukraina timur dan mengurangi keterlibatan militer disana.

Gedung Putih mengatakan hal itu dibicarakan Wakil Presiden Amerika Joe Biden dan Perdana Menteri Ukraina, Arseniy Yatsenyuk dalam percakapan telepon.

Perjanjian Minsk mewajibkan penarikan mundur semua persenjataan berat dan pejuang asing dari Ukraina timur, pembebasan semua orang Ukraina yang ditahan Rusia, dan pemberian akses bagi Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa untuk mempersiapkan pemilu lokal.

Hari Kamis, kepala komando Amerika di Eropa Jenderal Philip Breedlove mengatakan Rusia mungkin saja melangsungkan ofensif militer lagi di Ukraina. Hal itu, katanya, mengingat kelakukan Rusia di masa lalu.

Perjanjian Minsk dicapai Februari lalu oleh Perancis, Jerman, Rusia, Ukraina dan separatis pro-Rusia di Ukraina timur. Perjanjian itu berisi sejumlah langkah yang pada akhirnya akan menghasilkan solusi politik dan hukum yang berkesinambungan di Ukraina.

XS
SM
MD
LG