Tautan-tautan Akses

AS, UE Kecam Keputusan Pengadilan Rusia atas Khodorkovsky


Pebisnis Mikhail Khodorkovsky (kiri) dan Platon Lebedev dinyatakan bersalah oleh pengadilan Rusia.

Pebisnis Mikhail Khodorkovsky (kiri) dan Platon Lebedev dinyatakan bersalah oleh pengadilan Rusia.

Menlu Clinton mengatakan, tuduhan atas pendukung oposisi Khodorkovsky dan Lebedev menimbulkan pertanyaan soal penegakan hukum di Rusia.

Para pemimpin Amerika dan Uni Eropa mengecam sebuah keputusan pengadilan Rusia yang memutuskan mantan pebisnis Rusia Mikhail Khodorkovsky dan mitranya, Platon Lebedev bersalah melakukan penggelapan dan pencucian uang.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton Senin mengatakan, tuduhan baru terhadap diri Khodorkovsky dan Lebedev menimbulkan pertanyaan serius tentang “penegakan hukum yang dibayang-bayangi oleh pertimbangan politik” di Rusia.

Kedua terdakwa menolak tuduhan, katanya mereka dihukum karena mendukung kandidat oposisi dan pengecam Perdana Menteri Vladimir Putin, yang menjadi presiden ketika terjadi penangkapan Khodorkovsky pada 2003.

Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle menyebut keputusan Senin itu sebagai “langkah mundur” bagi demokrasi di Rusia. Kementerian Luar Negeri Inggris dan Uni Eropa mengeluarkan pernyataan yang menyerukan Moskow agar menegakkan hukum.

Khodorkovsky pernah jadi orang Rusia terkaya dan bersama Lebedev dituduh mengelapkan uang hasil minyak serta mencuci 27 miliar dolar selama kurun waktu enam tahun. Mereka masih harus dijatuhi hukuman sehubungan tuduhan ini.

Pengadilan ini dinilai sebagai uji bagi ketahanan lembaga-lembaga demokratis negara itu ditengah-tengah semakin besarnya kekuasaan Kremlin dan Putin.

XS
SM
MD
LG