Tautan-tautan Akses

AS

AS Tunggu Jawaban Korea Utara Terkait Utusan


Misionaris Amerika Kenneth Bae (kedua dari kiri) tiba dalam jumpa pers di Pyongyang (20/1). (AP/Kim Kwang Hyon)

Misionaris Amerika Kenneth Bae (kedua dari kiri) tiba dalam jumpa pers di Pyongyang (20/1). (AP/Kim Kwang Hyon)

AS menawarkan pengiriman seorang utusan khusus ke Pyongyang untuk membantu memperoleh pembebasan warga Amerika yang dipenjarakan, Kenneth Bae.

Amerika Serikat sedang menunggu jawaban Korea Utara atas tawaran AS mengirim seorang utusan khusus ke Pyongyang untuk membantu memperoleh pembebasan warga Amerika yang dipenjarakan, Kenneth Bae.

Berbicara tanpa memberitahu identitasnya, seorang pejabat Gedung Putih mengatakan Amerika telah menawarkan untuk mengirim Duta Besar Robert King untuk membantu pembebasan Bae, yang telah dijatuhi hukuman 15 tahun kerja paksa.

Tawaran itu diajukan setelah Bae, muncul di hadapan para wartawan di Pyongyang, meminta Washington membantunya supaya dapat pulang dan mengakui “kejahatan yang serius” di Utara.

Bae, 45, seorang misionaris dan pengusaha yang dinyatakan bersalah melakukan subversi negara, dianggap kalangan luas telah berbicara dibawah paksaan pada jumpa pers Senin (20/1).

Teman lamanya Bobby Lee memberitahu VOA bahwa ia memandang jumpa pers itu sebagai “diatur,” tetapi mengatakan ini adalah “awal yang memberi harapan” karena Amerika Serikat telah menawarkan untuk mengirim utusan.

Tetapi, Lee mengatakan ia berpendapat kemungkinan akan memerlukan lebih dari utusan yang biasa untuk membantu mendatangkan temannya pulang. Usaha serupa oleh Duta Besar King untuk memperoleh pembebasan Bae dibatalkan oleh Pyongyang Agustus.
XS
SM
MD
LG