Tautan-tautan Akses

AS Tuduh Rusia Serang Militer Ukraina


Tentara Ukraina siaga di Ukraina timur (foto: dok). Amerika menuduh Rusia menembaki posisi-posisi militer Ukraina di Ukraina timur.

Tentara Ukraina siaga di Ukraina timur (foto: dok). Amerika menuduh Rusia menembaki posisi-posisi militer Ukraina di Ukraina timur.

Juru bicara Departemen Pertahanan AS mengatakan pasukan Rusia meluncurkan serangan artileri ke Ukraina hari Kamis (24/7).

Amerika menuduh Rusia menembaki posisi-posisi militer Ukraina di Ukraina timur yang bergolak dari wilayah Rusia. Amerika juga menuduh Rusia bermaksud memasok para pemberontak pro-Rusia dengan persenjataan yang lebih besar dan lebih kuat untuk melawan pasukan Ukraina.

Juru bicara Departemen Pertahanan AS mengatakan pasukan Rusia meluncurkan serangan artileri ke Ukraina hari Kamis. Ia menggambarkan serangan Rusia itu sebagai "eskalasi yang jelas" dari pertempuran yang telah berlangsung selama berminggu-minggu di Ukraina timur antara pemberontak separatis dan militer Ukraina yang berusaha merebut kembali kekuasaan di kota-kota yang dikuasai pemberontak.

Di Departemen Luar Negeri di Washington, juru bicara Marie Harf mengatakan Amerika memiliki "bukti-bukti baru" dari "mitra-mitra intelijen" bahwa Rusia "berniat memberi senjata-senjata peluncur roket berat dan lebih kuat bagi pasukan separatis."

Marie Harf menolak menjelaskan apa dasar informasi itu dan darimana "sumbernya."

XS
SM
MD
LG