Tautan-tautan Akses

AS

AS Tuduh Iran Pilih Langkah Provokatif soal Program Nuklirnya


Utusan Amerika ke Badan Energi Atom Internasional IAEA, Joseph Macmanus (foto: dok).

Utusan Amerika ke Badan Energi Atom Internasional IAEA, Joseph Macmanus (foto: dok).

Utusan AS untuk IAEA, Joseph Macmanus menuduh Teheran sengaja melakukan penipuan, penentangan, dan penunda-nundaan mengenai informasi program nuklirnya.

Amerika menyatakan keprihatinan karena Iran tidak menanggapi pertanyaan-pertanyaan internasional menyangkut program nuklirnya. Menurut Washington, Teheran berkomitmen pada penipuan, penentangan, dan penunda-nundaan.

Utusan Amerika ke Badan Energi Atom Internasional IAEA, Joseph Macmanus mengatakan hari Rabu dalam pertemuan di Wina, alih-alih memenuhi kewajibannya Iran mengambil langkah-langkah provokatif lebih jauh.

Menurut Macmanus, upaya Iran memiliki senjata nuklir tidak dapat diterima sebagai hal wajar, dan tindakan-tindakan negara itu akan membuatnya makin dikucilkan dan ditekan masyarakat internasional.

Iran membantah pihaknya mengembangkan senjata nuklir, dan menegaskan bahwa program nuklirnya bertujuan damai.

Direktur IAEA Yukiya Amano hari Senin mengatakan tanpa kerja sama lebih jauh dari Iran, para inspektur tidak dapat menyimpulkan apakah semua bahan nuklir Iran adalah untuk tujuan damai. Ditegaskan, perundingan harus dilanjutkan dengan rasa urgensi lebih besar.
XS
SM
MD
LG