Tautan-tautan Akses

AS

AS Tuduh China Lakukan Subsidi Ekspor Ilegal


Wakil Perdagangan Amerika Michael Froman (foto: dok).

Wakil Perdagangan Amerika Michael Froman (foto: dok).

Pemerintah Amerika menuduh China telah secara ilegal mensubsidi ekspornya untuk tujuh bidang industri.

Wakil Perdagangan Amerika Michael Froman mengatakan China memberikan subsidi sekurangnya satu miliar dolar selama tiga tahun terakhir dan dukungan finansial itu melanggar aturan-aturan yang ditetapkan oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Froman mengatakan industri tekstil, pakaian, logam, bahan kimia, produk medis, bahan bangunan dan pertanian China diuntungkan oleh subsidi pemerintah China itu.

Froman mengatakan subsidi-subsidi itu merugikan pekerja, petani, peternak, pengusaha Amerika dengan mengurangi daya saing dan mengancam lapangan pekerjaan serta upah di Amerika.

Amerika mengatakan akan berusaha untuk mencapai penyelesaian atas kasus itu dengan China di WTO tapi jika gagal akan meminta badan yang berbasis di Jenewa itu untuk membuat keputusan terhadap perselisihan itu.

Belum ada reaksi mengenai tuduhan itu dari China.

Tuduhan itu disampaikan sehari setelah Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden China Xi Jinping berbicara melalui telepon dengan pemimpin China itu untuk menetapkan kunjungan kenegaraan ke Washington bulan September.

XS
SM
MD
LG